EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN POE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ORISINIL SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT

REZZA ARMANDA GUSTIMAS PUTRA , 1213023058 (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN POE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ORISINIL SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1465Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1269Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran POE untuk meningkatkan kemampuan berpikir orisinil siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X.1 sampai dengan X.4 SMA Kosgoro Bandar Sribawono semester genap Tahun 2015-2016 yang berjumlah 126 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu kelas X.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.4 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalence Control Group Design. Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran POE sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Pembelajaran dikatakan efektif apabila secara statistik kemampuan berpikir orisinil siswa tidak sama rata-rata n- Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain kemampuan berpikir orisinil siswa untuk kelas Rezza Armanda G.P iii kontrol dan eksperimen masing-masing 0,43 dan 0,57. Kategori rata-rata nilai n- Gain pada kelas eksperimen dan kontrol adalah sedang. Hal ini didukung dengan penilaian kepraktisan dalam keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan model POE memiliki kategori sangat tinggi. Keefektivan model pembelajaran POE yang meliputi aktifitas siswa dan kemampuan guru memiliki penilaian berkategori tinggi. Berdasarkan deskripsi tersebut dan pengujian hipotesis (uji-t), disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran POE efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir orisinil siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Kata kunci: kemampuan berpikir orisinil, larutan elektrolit dan non-elektrolit, POE.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 75469412 . Digilib
Date Deposited: 14 Jun 2016 02:33
Terakhir diubah: 14 Jun 2016 02:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22461

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir