PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PURWODADI

PRAYOGI ARIYONO , 1213053087 (2016) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PURWODADI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3114Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2478Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa yang ditunjukan dengan nilai rata-rata kelas 56,95 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 33,33% atau 6 orang siswa dari 18 orang siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Purwodadi melalui penerapan model cooperative learning tipe time token. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan setiap siklus, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Alat pengumpul data yang digunakan berupa lembar panduan observasi dan soal tes formatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data berupa analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe time token dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Purwodadi. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 62,56 pada siklus II menjadi 70,47 terjadi peningkatan sebesar 7,91. Tingkat kentuntasan pada siklus I sebesar 61,11% pada siklus II menjadi 83,33% terjadi peningkatan sebesar 22,22%. Kata kunci: cooperative learning, time token, hasil belajar, IPS.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 15259355 . Digilib
Date Deposited: 14 Jun 2016 06:14
Last Modified: 14 Jun 2016 06:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22474

Actions (login required)

View Item View Item