PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 1 TAMBAH DADI LAMPUNG TIMUR

DWI ARIYANI, (1213053037) (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 1 TAMBAH DADI LAMPUNG TIMUR. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3092Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2814Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV A SD Negeri 1 Tambah Dadi Lampung Timur tahun pelajaran 2015/2016 pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Tambah Dadi Lampung Timur. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Tambah Dadi Lampung Timur semester genap tahun pelajaran 2015/2016, pada materi perkembangan teknologi produksi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu model posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Tambah Dadi Lampung Timur. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh dengan kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes kemudian dianalisis dengan menggunakan Uji-t dalam program SPSS 17.0. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis diperoleh bahwa nilai signifikansi adalah 0,021. 0,021 < 0,05 maka artinya H0 ditolak dan H1 diterima atau ada pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, TGT, hasil belajar.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 6436412 . Digilib
Date Deposited: 14 Jun 2016 07:05
Last Modified: 14 Jun 2016 07:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22475

Actions (login required)

View Item View Item