PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS IVB SD NEGERI 10 METRO TIMUR

TIARA NURBAITI, (1213053113) (2016) PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS IVB SD NEGERI 10 METRO TIMUR. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3060Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3615Kb)

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar PKn siswa kelas IVB SD Negeri 10 Metro Timur. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKn siswa kelas IVB SD Negeri 10 Metro Timur melalui penerapan metode mind mapping. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan empat tahapan di setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus di mana pada setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik nontes dan tes, dengan alat pengumpul data berupa lembar observasi dan lembar evaluasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata motivasi belajar siswa siklus I menunjukkan katagori “Cukup baik” sedangkan pada siklus II memperoleh katagori “Baik”. Adapun persentase klasikal motivasi belajar siswa siklus I mencapai katagori “Kurang baik” dan meningkat pada siklus II dengan mencapai katagori “Baik”. Nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I mencapai katagori “Baik” dan meningkat pada siklus II dengan katagori “Baik”. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I dengan katagori “Sedang” dan meningkat pada siklus II menjadi katagori “Sangat tinggi”. Kata kunci: motivasi belajar, hasil belajar, metode mind mapping.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 13939858 . Digilib
Date Deposited: 14 Jun 2016 07:28
Terakhir diubah: 14 Jun 2016 07:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22481

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir