PENERAPAN MODEL SAVI DALAM PEMBELAJARAN TARI SIGEH PENGUTEN DI KELAS X IAI PUTRI MAN I MODEL BANDAR LAMPUNG

ZAIRI, 1013043010 (2016) PENERAPAN MODEL SAVI DALAM PEMBELAJARAN TARI SIGEH PENGUTEN DI KELAS X IAI PUTRI MAN I MODEL BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1837Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHSAN.pdf

Download (1418Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model SAVI dan hasil belajar siswi dalam pembelajaran tari Sigeh Pengutendi kelas X IAI Putri MAN I Model Bandar Lampung. Model penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran, seni tari, dan tari Sigeh Penguten. Sumber data pada penelitian ini adalahguru seni tari dan 38 siswi kelas X IAI Putridi MAN 1 Model Bandar Lampung.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, tes praktik, dan nontes. Pelaksanaan penerapan model SAVI pertama, merumuskan tujuan yang akan dicapai siswa. Kedua menyiapkan ruangan tempat proses belajar, menyiapkan sarana dan prasarana. Ketiga memberitahukan kepada siswa tentang pembelajaran SAVI yang akan digunakan. Keempat memberitahukan kepada siswa tentang pembelajaran seni tari yaitu tari Sigeh Penguten sebelum siswa melanjutkan proses belajar selanjutnya. Kelima memberikan kesempatan bagi siswa untuk bertanya tentang ragam gerak yang diberikan. Keenam memberikan tugas-tugas tertentu yang berkaitan dengan pelaksanaan model pembelajaran SAVI dan proses pencapaian tujuan pembelajaran. Ketujuh mengevaluasi hasil belajar akhir maka siswa dibagi kelompok untuk menampilkan tari Sigeh Penguten secara keseluruhan. Hasil pembelajaran tari sigeh pengnten di kelas X IAI putri MAN 1 Model Bandar Lampung menunjukan bahwa siswa dapat menari tari Sigeh Penguten dengan baik dengan rata-rata nilai71,58.Penilaian diberikan melalui empat aspek yaitu, somatis (bergerak dan berbuat), auditori (berbicara dan mendengar), visual (mengamati dan menggambar), intelektual (memecahkan masalah dan menerangkan) selain itu juga diadakan penilaian tentang aktivitas belajar siswa pada setiap pertemuan. Kata kunci : model SAVI, tari Sigeh Penguten, dan penilaian

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
N Fine Arts > NX Arts in general
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik
Depositing User: 43591678 . Digilib
Date Deposited: 14 Jun 2016 07:43
Last Modified: 14 Jun 2016 07:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22483

Actions (login required)

View Item View Item