PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SILIWANGI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

MIRA ARDI YENI , (1213053074) (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SILIWANGI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2958Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2118Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dari jumlah 30 orang siswa masih terdapat 21 orang siswa belum mencapai KKM yaitu 66. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 1 Siliwangi tahun pelajaran 2015/2016 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian berbentuk siklus yang terdiri dari empat tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar afektif siswa siklus I memperoleh kategori “mulai terlihat” dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi kategori “mulai berkembang”. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar afektif siswa siklus I berada pada kategori “kurang baik” dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi kategori “baik”. Sedangkan hasil belajar psikomotor siswa siklus I memperoleh kategori “cukup terampil” dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi kategori “terampil”. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar psikomotor siswa siklus I berada pada kategori “kurang terampil” dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi kategori “sangat terampil”. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif siswa siklus I mencapai kategori “sedang” mengalami peningkatan menjadi kategori “tinggi” pada siklus II. Kata kunci: model group investigation, hasil belajar, IPA

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 86604265 . Digilib
Date Deposited: 14 Jun 2016 07:39
Terakhir diubah: 14 Jun 2016 07:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22484

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir