PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DEMOKRASI DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V C SD NEGERI 2 BRANTI RAYA

APRIYANI, 1213053018 (2016) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DEMOKRASI DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V C SD NEGERI 2 BRANTI RAYA. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (163Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2651Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2351Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya sikap demokrasi siswa saat proses pembelajaran yang berakibat pada rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas V C SD Negeri 2 Branti Raya yang didapat dari hasil observasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan mengetahui peningkatan sikap demokrasi, hasil belajar dan kinerja guru dalam pembelajaran PKn siswa kelas V C SD Negeri 2 Branti Raya melalui penerapan model cooperative learning tipe TPS. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data sikap demokrasi siswa dan kinerja guru dilakukan dengan observasi, sedangkan hasil belajar kognitif siswa dilakukan dengan tes formatif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data perbaikan pembelajaran menggunakan model cooperative learning tipe TPS dalam proses pembelajaran PKn siswa kelas V C SD Negeri 2 Branti Raya menunjukkan persentase sikap demokrasi dan hasil belajar siswa pada siklus 1 dengan kategori “Cukup baik”, meningkatkan pada siklus 2 dengan kategori “Baik”. Nilai rata-rata kinerja guru pada siklus 1 dengan kategori “Baik” pada siklus 2 meningkat dengan kategori “Sangat baik”. Persentase ketuntasan hasil belajar klasikal siswa siklus 1 dengan kategori“Cukup baik” dan meningkat pada siklus 2 dengan kategori “Sangat baik”. Kata kunci : model cooperative learning tipe TPS, sikap demokrasi, hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 26129393 . Digilib
Date Deposited: 15 Jun 2016 03:46
Terakhir diubah: 15 Jun 2016 03:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22503

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir