PENCAPAIAN KOMPETENSI DASAR DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI PADA SISWA KELAS X IPA 2 DI SMA NEGERI 1 KOTAGAJAH

HIRNA SOCA PANGGAYUH , 1213043015 (2016) PENCAPAIAN KOMPETENSI DASAR DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI PADA SISWA KELAS X IPA 2 DI SMA NEGERI 1 KOTAGAJAH. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (84Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2413Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2414Kb) | Preview

Abstrak

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah faktor pendukung dan penghambat dalam ketercapaian kompetensi dasar dalam pembelajaran seni tari pada siswa kelas X IPA 2 di SMA Negeri 1 Kotagajah? Bagaimana ketercapaian kompetensi dasar di dalam pembelajaran seni tari pada siswa kelas X IPA 2 di SMA Negeri 1 Kotagajah? Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pencapaian kompetensi dasar dalam pembelajaran seni tari pada siswa kelas X IPA 2 di SMA Negeri 1 Kotagajah dan mendeskripsikan pencapaian kompetensi dasar dalam pembelajaran seni tari khususnya pada kelas X IPA 2 di SMA Negeri 1 Kotagajah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kompetensi dasar menurut Rusman, teori pembelajaran Skinner, dan teori tari menurut Widaryanto. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan desain observasi, analisis data, dan penarikan kesimpulan.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes kemampuan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah panduan observasi, panduan wawancara, panduan dokumentasi, dan panduan non tes. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pencapaian kompetensi dasar dalam pembelajaran seni tari dan mendeskripsikan ketercapaian kompetensi dasar dalam pembelajaran tari. Faktor penghambatnya ialah waktu pembelajaran yang sedikit, ruangan kelas yang tidak sesuai dengan kebutuhan, materi pembelajaran yang terlalu padat, minat belajar seni tari yang kurang, buku pelajaran seni tari yang tidak dimiliki oleh setiap siswa, dan waktu belajar yang kurang. Faktor pendukungnya ialah kemandirian siswa dalam belajar di luar jam intrakurikuler dan optimalnya peran guru. Berdasarkan hasil penelitian yang tidak dapat mencapai 6 kompetensi dasar adalah kelompok 4 dan 5. Kata kunci : kompetensi dasar, pembelajaran, tari ABSTRACT The research method in this research was descriptive qualitative. This study aimed to describe the supporting and inhibiting factors in the achievement of basic competence in the dance art learning and describe the achievement of basic competence in teaching dance. The Inhibiting factor are the time allocation, the classroom is not in accordance with the needs, the learning materials that are too crowded, the leraning interest of dance art learning is less, the dance art textbooks that is not owned by the student, and the learning time which is less. Supporting factor is the independence of the students to learn outside of intracurricular and optimal role of the teacher. Based on the research results the groups which can not achieve the basic competency of 6 is group 4 and 5. Keywords: basic competencies, learning, dance.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik
Depositing User: 70047519 . Digilib
Date Deposited: 16 Jun 2016 04:05
Last Modified: 16 Jun 2016 04:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22529

Actions (login required)

View Item View Item