PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK BERITA SISWA KELAS VIIA SMP TAMAN SISWA TELUKBETUNG BANDARLAMPUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

DIDIT ARYANI , 1423041008 (2016) PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK BERITA SISWA KELAS VIIA SMP TAMAN SISWA TELUKBETUNG BANDARLAMPUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1208Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1948Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menyimak berita siswa kelas VIIA SMP Taman Siswa Telukbetung Bandarlampung. Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan (1) rencana pelaksanaan pembelajaran menyimak berita dengan pemanfaatan media audio visual, (2) pelaksanaan pembelajaran menyimak berita dengan pemanfaatan media audio visual, (3) penilaian pembelajaran menyimak berita dengan pemanfaatan media audio visual, (4) kemampuan menyimak berita siswa kelas VIIA SMP Taman Siswa Telukbetung Bandarlampung dengan pemanfaatan media audio visual. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tempat penelitian adalah di SMP Taman Siswa Telukbetung Bandarlampung kelas VIIA. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus satu, pemanfaatan media audio visual masih kurang maksimal. Pada siklus dua, pemanfaatan media audio visual lebih dimaksimalkan dengan pemanfaatan power point dan penggunaan rekaman berita serta alat audio yang memiliki kualitas suara yang lebih baik. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan tes. Data dianalisis dengan cara kualitatif dan kuantatif berdasarkan prinsip PTK. Hasil penelitian ini menunjukkan, RPP menyimak berita dengan pemanfaatan media audio visual telah disusun dengan sangat baik. Pelaksanaan pembelajaran menyimak berita dengan pemanfaatan media audio visual telah mengubah suasana pembelajaran menjadi lebih menarik dan telah meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Evaluasi pembelajaran telah disesuaikan untuk mengetahui kemampuan menyimak berita siswa. Peningkatan kemampuan menyimak dengan pemanfaatan media audio visual yaitu nilai rata-rata pada prasiklus 54,23 , pada siklus satu 69,21, dan pada siklus dua menjadi 78,16. Kata kunci: media audio visual, menyimak berita abstract Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menyimak berita siswa kelas VIIA SMP Taman Siswa Telukbetung Bandarlampung. Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas Hasil penelitian ini menunjukkan, RPP menyimak berita dengan pemanfaatan media audio visual telah disusun dengan sangat baik. Pelaksanaan pembelajaran menyimak berita dengan pemanfaatan media audio visual telah mengubah suasana pembelajaran menjadi lebih menarik dan telah meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Evaluasi pembelajaran telah disesuaikan untuk mengetahui kemampuan menyimak berita siswa. Peningkatan kemampuan menyimak dengan pemanfaatan media audio visual yaitu nilai rata-rata pada prasiklus 54,23 , pada siklus satu 69,21, dan pada siklus dua menjadi 78,16. Kata kunci: media audio visual, menyimak berita

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 29472015 . Digilib
Date Deposited: 16 Jun 2016 07:41
Terakhir diubah: 16 Jun 2016 07:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22555

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir