PENGGUNAAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG MATA PELAJARAN GEOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR PEMAHAMAN MATERI AJAR PADA SISWA KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 1 BANDAR SRIBHAWONO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

FRASTIKA ERYESMA ANWAR , 1423031024 (2016) PENGGUNAAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG MATA PELAJARAN GEOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR PEMAHAMAN MATERI AJAR PADA SISWA KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 1 BANDAR SRIBHAWONO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
Text
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf

Download (65Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2506Kb)
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1554Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya berpikir pemahaman siswa. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan berpikir pemahaman materi ajar berupa pemahaman faktual, konseptual, prosedural dan untuk meningkatkan efektivita ssiswa melalui penggunaan media teka-teki silang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas.Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono Tahun Pelajaran 2014/2015.Penelitian tindakan ini menggunakan analisis data (descriptive analysis) yang berlangsung sepanjang penelitian. Analisis data ini dilakukan dengan pemaparan data masing-masing variabel dan indikator, serta analisis deskripsi indikator pada masing-masing siklus untuk melihat pencapaian indikator Hasil penelitian menunjukkan bahwa media teka-teki silang dapat meningkatkan berpikir pemahaman seperti faktual, konseptual dan prosedural dan efektif dalam mata pelajaran geografi siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono. Pembelajaran selanjutnya agar menggunakan media pembelajaran ini karena siswa merasa terpacu dalam berpikir pemahaman dan hasil belajar geografi siswa meningkat. Kata Kunci: Berpikir pemahaman materi ajar, media teka-teki silang, dan hasil belajar ABSTRACT The problem in this research is the low thinking students understanding this study aims to improve understanding of the teaching materials in the form of conceptual, factual and procedural understanding and to improve efective student learning outcomes through the use of media crossword puzzle. This study uses classroom action research. The subjects are students of XI IPS 4 SMA Negeri 1 Bandar Sribhawonoacademic year 2015/2016. This study uses data analysis (descriptive analysis) which lasted throughout the study. The data analysis was done with the presentation of the data each variable and indicators analysis decriptions cycle to see the achievement of indicators. The results show that crossword puzzles media can be used to development understanding thinking skill in the conceptual, factual and procedural and efectif to improve geography learning outcomes of students XI IPS 4 SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono further learning should use this instruction of media because students are encourased to think understanding and increase the learning outcomes. Keywords: Thinking understanding of teaching materials and media crossword puzzles

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: > G Geography (General)
> H Social Sciences (General)
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Depositing User: 60787807 . Digilib
Date Deposited: 17 Jun 2016 07:26
Last Modified: 17 Jun 2016 07:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22574

Actions (login required)

View Item View Item