PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 6 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016

DEWI UTARI , 1213053031 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 6 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3232Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2239Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 6 Metro Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 6 Metro Barat. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 6 Metro Barat Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Analisis data penelitian menggunakan uji statistik dengan bantuan program SPSS.20. Berdasarkan uji hipotesis melalui Independent Sample t-test diperoleh nilai signifikasi lebih besar dari ketetapan, sehingga dari uji tersebut dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti diterima atau terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS. Kata kunci: model kooperatif tipe Number Head Together, hasil belajar, IPS.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 85496826 . Digilib
Date Deposited: 21 Jun 2016 03:05
Last Modified: 21 Jun 2016 03:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22614

Actions (login required)

View Item View Item