EVALUASI STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PADA RUMAH SAKIT DAERAH DEMANG SEPULAU RAYA (RSDDSR) KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

LENA JUNIAWATI, 1216041059 (2016) EVALUASI STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PADA RUMAH SAKIT DAERAH DEMANG SEPULAU RAYA (RSDDSR) KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (31Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1474Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1188Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Rumah Sakit Umum Daerah Demang Sepulau Raya tahun 2014 mengalami penurunan kinerja yang berarti turunnya kualitas pelayanan . Oleh karena itu rumah sakit membentuk sebuah strategi untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi atau menilai strategi Rumah Sakit Demang Sepulau Raya Lampung Tengah dalam meningkatkan kualitas pelayanannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Strategi peningkatan kualitas pelayanan pada Rumah Sakit Daerah Demang Sepulau Raya Lampung Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dalam mengevaluasi strategi dengan 3 kegiatan yaitu Penyelidikan atas landasan yang mendasari strategi, pembandingan hasil yang diharapkan dengan hasil yang sebenarnya, Pengambilan tindakan korektif . Strategi peningkatan kualitas pelayanan ini buruk karena masih banyak masalah yaitu faktor internal berupa manajemen SDM yang kurang serta faktor eksternal yaitu sosial budaya berupa persepsi masyarakat, selain itu juga faktor kinerja belum sesuai dengan standar yang ditentukan. Serta Adanya tindakan perbaikan yang belum memenuhi kebutuhan dalam pelayanan pasien. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan masih buruk karena masih banyak permasalahan dalam pengimplementasian strategi. Oleh karena itu maka sebaiknya pemerintah lebih serius dalam mengadakan pengawasan dengan mengadakan sidak selain itu rumah sakit juga seharusnya meningkatkan pengadaan jumlah fasilitas, meningkatkan kuantitas sumber daya manusia, meningkatkan keamanan yang ada serta meningkatkan kinerja pegawai. Kata kunci : Manajemen Strategi, Evaluasi Strategi, Kualitas Pelayanan Publik EVALUATION STRATEGY IN QUALITY SERVICES MANAGEMENT OF DEMANG SEPULAU RAYA REGIONAL PUBLIC HOSPITAL (RSUDDSR) LAMPUNG TENGAH In 2014, the Regional Public Hospital of DemangSepulau Raya (RSUDDSR) encountered a decrease in performance which meant a decrease in services. Therefore, the hospital needed to set up a strategy to improve the quality of its services. So this study attemptsed to evaluate or assessed the strategy the hospital. The research formulation of this study was evaluating the strategy in quality services management ofDemangSepulau Raya Regional Public Hospital Lampung Tengah. This research used a descriptive study with qualitative approach. The data were collected through interviews, observation and documentation; and were analyzed with data reduction, data presentation and conclusion or verification. There were three steps during the investigation process, they were: investigatingthe ground of the company's management strategy ,comparing the expected results with the actual results, and taking a corrective action. The result revealed that the strategy managementimplemented by the hospital was poor. There were still quite a lot ofshortcomings in its performances; the internal factors waslack of human resources management in serving the patients, while the external factors named social and cultural as society perception. Besides, the performance of DemangSepulau Raya Regional Public Hospital (RSUDDSR) had not fulfilled the prescribed standards. After all, the efforts in improving the quality management had not met the needs in servingpatients.The conclusion from this research namely the strategy of increasing the quality of the service was bad because there were still many problems in implementing the strategy .Therefore, it is important that the government supervise the system more seriously by conducting unannounced inspections more often. It is also significant that the hospital increase the number of its facilities and human resources, while improving the security system andemployees’workperformances. Keywords : Management Strategy, Evaluation Strategy, Quality of Public Services

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Negara
Pengguna Deposit: 96435843 . Digilib
Date Deposited: 22 Jun 2016 02:40
Terakhir diubah: 22 Jun 2016 02:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22617

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir