ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN BNI SYARIAH (Kantor Cabang Bumi Serpong Damai)

RIZAL NUR AZIZ , 1211011135 (2016) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN BNI SYARIAH (Kantor Cabang Bumi Serpong Damai). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1027Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (887Kb) | Preview

Abstrak

Berkembangnya usaha bisnis yang berbasis syariah pada saat ini sangat pesat, perkembangan usaha bisnis berbasis syariah yang paling pesat terjadi pada perbankan syariah. Seiring dengan berkembangnya suatu bisnis yang membuat persaingan menjadi ketat bank-bank syariah lokal dituntut untuk lebih inovatif terhadap produk-produk yang mereka tawarkan serta pemanfaatan teknologi dalam pelayanan jasanya. Menghadapi persaingan yang ketat ini maka BNI Syariah kantor cabang Bumi Serpong Damai harus mampu mengantisipasi berbagai ancaman dari para pesaing, berusaha memperbaiki kelemahankelemahan dalam perusahaan dan memanfaatkan peluang-peluang dengan kekuatan-kekuatan yang ada, sehingga dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat. Salah satu teknik analisis strategi yang dapat digunakan adalah dengan analisis SWOT ( strength, weakness, oppprtunity, threath ). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal apakah yang ada pada BNI Syariah kantor cabang Bumi Serpong Damai untuk pemasaran produk Tabungan BNI Syariah (Tabungan IB Hasanah) dan Untuk mengetahui dimana letak strategi Bank BNI Syariah kantor cabang Bumi Serpong Damai. Data yang digunakan untuk penelitian ini adalah data sekunder dan primer, yang diperoleh dari hasil wawacara baik langsung maupun kuesioner, hasil pengamatan langsung di lapangan, laporan tertulis, serta data-data dari literature seperti buku, internet dan artikel. Data disajikan secara deskriptif kualitaitif untuk mengetahui lingkungan eksternal dan internal. Selanjutnya, data yang telah diperoleh dianalisis dan diolah menggunakan metode matriks IFE, matriks EFE, matriks IE dan matriks QSPM. Berdasarkan hasil lingkungan pemasaran (aspek internal dan aspek eksternal) serta analisis matriks IFE dan EFE, diketahui bahwa kekuatan utama BNI Syariah Kantor Cabang Bumi Serpong Damai adalah Citra perusahaan yang baik, memiliki SDM yang berkualitas, dan pelayanan konsumen yang baik dengan skor 0,5332, kelemahan utamanya adalah Kurangnya Sosialisasi yang dilakukan di kalangan pelajar tentang pengetahuan perbankan syariah, Promosi yang masih kurang gencar, dan Butuhnya penyesuaian untuk karyawan baru dengan skor 0,311, Peluang utamanya adalah ketertarikan masyarakat pada sistem perbankan Rizal Nur Aziz syariah, Teknologi yang semakin berkembang, dan Pertumbuhan yang sangat pesat dengan pembangunan bank syariah di daerah-daerah dengan skor 0,5376 sedangkan ancaman yang dihadapi adalah perubahan pada pendapatan masyarakat dengan skor 1,682. Dari Hasil matriks IFE dan EFE diperoleh nilai internal sebesar 3,5601 dan nilai eksternal sebesar 2,9808 yang menunjukan bahwa posisi internal dan eksternal kuat karena diatas nilai rata-rata 2,5. Kondisi ini menempatkan BNI Syariah kantor cabang Bumi Serpong Damai di sel IV pada matriks IE, dimana strategi yang termasuk adalah strategi penetrasi pasar, market development strategy, product development strategy, dan strategi konsolidasi internal. Dari matriks IE kemudian diperoleh beberapa alternatif strategi pemasaran, dan berdasarkan analisis QSPM diperoleh strategi pemasaran yang paling tepat untuk diterapkan pada produk tabungan BNI Syariah kantor cabang Bumi Serpong Damai berdasarkan prioritasnya adalah meningkatkan kualitas produk tabungannya Kata kunci: Faktor Internal, Faktor Eksternal, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Matriks QSPM.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Ilmu Sosial = Social Sciences > HJ Public Finance
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: 76784749 . Digilib
Date Deposited: 21 Jun 2016 02:00
Last Modified: 21 Jun 2016 02:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22618

Actions (login required)

View Item View Item