PEMBELAJARAN MEMAHAMI TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS X SMA GLOBAL MADANI BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

JIHAN DILI ANNISA, 1213041044 (2016) PEMBELAJARAN MEMAHAMI TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS X SMA GLOBAL MADANI BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2544Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (986Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Pembelajaran memahami teks prosedur kompleks pada siswa kelas X SMA Global Madani Bandar Lampung merupakan permasalahan dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran memahami teks prosedur kompleks siswa kelas X MIA 2 SMA Global Madani Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016 yang memfokuskan pada perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu penulis mendeskripsikan hasil penelitian dan analisisnya terhadap tahapan kegiatan dalam pembelajaran memahami teks prosedur kompleks. Sumber data pada penelitian ini meliputi RPP, pelaksanaan pembelajaran yang terdiri atas aktivitas guru dan siswa, dan penilaian pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi berupa foto dan video. Hasil penelitian menunjukkan guru sudah melakukan tiga tahap dalam pembelajaran memahami teks prosedur kompleks, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Perencanaan pembelajaran memahami teks prosedur kompleks tertuang dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun oleh guru bidang studi Bahasa Indonesia dan telah mengikuti format RPP Kurikulum 2013. Pada pelaksanaan pembelajaran memahami teks prosedur kompleks kegiatan pembelajaran terdiri atas kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Pada kegiatan pendahuluan guru mengawali kegiatan pembelajaran dengan mendorong siswa untuk memahami teks prosedur kompleks. Guru telah melaksanakan semua indikator pada kegiatan pendahuluan kecuali menyampaikan manfaat dan perencanaan pembelajaran. Pada kegiatan inti guru telah melaksanakan komponen pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan instrumen. Hanya saja guru tidak melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan.Guru melakukan kegiatan inti pembelajaran memahami teks prosedur kompleks dengan menggunakan pendekatan scientific. Rangka dalam pencapaian tuntutan kegiatan yang dilakukan siswa berdasarkan pendekatan saintifik, guru memfasilitasi atau memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan beberapa aktivitas, yaitu menggali informasi melalui pengamatan, bertanya, kemudian mengolah data, menalar, dan mengomunikasikan data atau informasi. Aktivitas mengamati dilakukan siswa ketika ditugaskan guru untuk memperhatikan contoh teks prosedur kompleks. Aktivitas menanya dilakukan siswa pada saat melakukan diskusi. Aktivitas menalar salah satunya dilakukan saat siswa menjawab pertanyaan yang guru ajukan mengenai pengertian teks prosedur kompleks. Aktivitas mencoba dilakukan siswa pada saat mengerjakan soal yang diberikan oleh guru tentang teks prosedur kompleks. Aktivitas mengomunikasikan dilakukan siswa dengan cara mempresentasikan hasil diskusi kelompok mengenai teks prosedur kompleks. Melalui seluruh kegiatan pada pendekatan scientific hal tersebut dapat memacu siswa untuk memahami teks prosedur kompleks. Kegiatan penutup yang dilakukan guru adalah melakukan refleksi untuk memastikan tingkat pemahaman siswa terhadap teks prosedur kompleks tetapi pada pelaksanaannya guru tidak memberikan tes lisan atau tulisan. Saat proses pelaksanaan pembelajaran memahami teks prosedur kompleks, terlihat guru telah melaksanakan penilaian sikap. Penilaian pengetahuan dilakukan dengan memberikan tes tertulis yang dikerjakan secara berkelompok. Penilaian keterampilan dilakukan saat siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok. Berdasarkan hasil dari seluruh penilaian diketahui bahwa siswa dapat memahami teks prosedur kompleks dengan baik.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 43982447 . Digilib
Date Deposited: 21 Jun 2016 02:34
Terakhir diubah: 21 Jun 2016 02:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22639

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir