GAYA BAHASA TUNG DESEM WARINGIN DALAM SEMINAR “FINANCIAL REVOLUTION” DAN PERANCANGANNYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

FITRI NURSILAWATI, 1213041035 (2016) GAYA BAHASA TUNG DESEM WARINGIN DALAM SEMINAR “FINANCIAL REVOLUTION” DAN PERANCANGANNYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1128Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (877Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah gaya bahasa Tung Desem Waringin dalam seminar “Financial Revolution” berdasarkan diksi, struktur kalimat, nada, dan langsung tidaknya makna.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan gaya bahasa Tung Desem Waringin berdasarkan (1) diksi, (2)struktur kalimat, (3)nada, dan (4)langsung/tidaknya makna.dalam seminar “Financial Revolution”dan mengetahui perancangannya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif yakni pemecahan masalah dengan memaparkan keadaan objek penelitian beradasarkan fakta-fakta yang tampil sebagaimana adanya. Sumber data dalam penelitian ini berupa gaya bahasa Tung DesemWaringindalam Seminar Financial Revolution.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik simak bebas libat cakap kemudian teknik catat. Teknik simak bebas merupakan teknik yang di dalamnya peneliti hanya bertindak sebagai peniliti, dan tidak terlibat dalam percakapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam seminar Financial Revolution Tung DesemWaringin menggunakan gaya bahasa berdasarkan diksi, struktur kalimat, nada, dan langsung/tidaknya makna. Tung Desem Waringin menggunakan diksi berupa kata konkret, kata abstrak, kata umum, kata populer, kata serapan, dan kata asing, sedangkan berdasarkan struktur kalimat Tung Desem Waringin lebih banyak menggunakan gaya bahasa repetisi, klimaks, antiklimaks, paralelisme, dan antitesis, kemudian berdasarkan langsung atau tidaknya makna Tung Desem Waringin menggunakan gaya bahasa personifikasi, hiperbola, asidenton, polisindenton, erotesis, dan paradoks. Selanjutnya, Tung Desem Waringin banyak menggunakan nada bertenaga dalam menyampaikan seminar Financial Revolution. Semua temuan gaya bahasa Tung Desem Waringin dalam seminar financial revolutiondapat dirancang sebagai bahan pembelajaran untuk peserta didik tingkat SMA kelas X semester gasal dengan Kompetensi Dasar 3.1 memahami struktur teks eksposisi baik lisan dan tulisan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 6683824 . Digilib
Date Deposited: 21 Jun 2016 02:51
Terakhir diubah: 21 Jun 2016 02:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22643

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir