PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN MODUL BERBASIS LATIHAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MODUL LATIHAN BERBASIS MASALAH

Wahyu Ningrum, 1213022077 (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN MODUL BERBASIS LATIHAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MODUL LATIHAN BERBASIS MASALAH. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1022Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (917Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan modul berbasis latihan inkuiri terbimbing dengan siswa yang menggunakan modul latihan berbasis masalah. Populasi penelitian ini adalah siswa/siswi SMA Negeri 2 Metro kelas X.IPA dengan sampel penelitiannya adalah siswa/siswi kelas X.IPA 1 dan X.IPA 3. Disain penelitian yang digunakan adalah The Non-Equivalent Control Group Design. Teknik pengambilan data pada ranah afektif menggunakan angket penilaian diri dan penilaian teman sejawat, pada ranah kognitif menggunakan tes uraian, dan pada ranah psikomotor menggunakan angket observasi. Analisis data penelitian menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji-t, dan Uji Mann-Whitney. Berdasarkan Uji Mann-Whitney diketahui bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan psikomotor menggunakan modul berbasis latihan inkuiri terbimbing dengan modul latihan berbasis masalah, dengan perbandingan kuantitatif 3,11 : 2,43 dan 3,00 : 2,86, sedangkan berdasarkan Uji-t, diketahui bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada ranah afektif dikarenakan penggunaan modul berbasis latihan inkuiri terbimbing dan modul latihan berbasis masalah masing-masing mampu memunculkan 13 poin penilaian afektif yang dapat membentuk sikap siswa, hal ini menyebabkan hasil penilaian afektif siswa memiliki nilai yang sama, dengan perbandingan kuantitatif 3,62 : 3,60. Kata kunci: hasil belajar, modul berbasis latihan inkuiri terbimbing, modul latihan berbasis masalah.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: 87300893 . Digilib
Date Deposited: 21 Jun 2016 03:43
Last Modified: 21 Jun 2016 03:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22648

Actions (login required)

View Item View Item