PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR

LUCIA DEWANTI MAHARANI, 1213022032 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1774Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1317Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Model pembelajaran berbasis masalah merupakan model pembelajaran yang menuntut siswa terlibat secara langsung dalam memecahkan permasalahan yang disajikan. Permasalahan yang disajikan memacu kemampuan berpikir kritis siswa, maka peneliti melakukan penelitian mengenai penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah, (2) mendeskripsikan keterlaksanaan penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada kelas eksperimen. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 di SMA Xaverius Pringsewu. Sampel penelitian ini yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol masing-masing berjumlah 36 siswa. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian quasy experimental dengan desain eksperimen non-equivalent control group design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dibandingkan dengan pembelajaran konvensional diperoleh nilai N-gain sebesar 0,71 (tinggi) pada kelas eksperimen dan 0,55 (sedang) pada kelas kontrol, (2) model pembelajaran berbasis masalah terlaksana dengan rata-rata nilai sebesar 3,82 (terlaksana dengan kategori baik). Kata kunci: model pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran konvensional dan berpikir kritis.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: 21089626 . Digilib
Date Deposited: 21 Jun 2016 06:33
Last Modified: 21 Jun 2016 06:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22649

Actions (login required)

View Item View Item