PERBANDINGAN SOFT SKILL SISWA ANTARA YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN INTERPERSONAL DAN INTRAPERSONAL PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SEMESTER GENAP SMAN 2 GADING REJO TAHUN AJARAN 2015/2016

EGA YULITA SARI , 1213031022 (2016) PERBANDINGAN SOFT SKILL SISWA ANTARA YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN INTERPERSONAL DAN INTRAPERSONAL PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SEMESTER GENAP SMAN 2 GADING REJO TAHUN AJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2045Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1750Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi Undang-undang tentang Sistem Pendidikan Nasional pada pasal 1 ayat 1, seharusnya pendidikan di Indonesia juga harus memperhatikan peserta didik untuk secara aktif mengembangkan potensi dirinya agar memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara (soft skill) tidak hanya mengoptimalkan hard skill (kemampuan teknis). Permasalahan di dunia pendidikan saat ini yang kerap kali luput dari perhatian guru adalah kurangnya perhatian tentang penilaian soft skill, salah satunya di SMAN 2 Gadingrejo. Hal ini juga dipengaruhi sitem mengajar guru yang belum menggunakan model pembelajaran kreatif dan inovatif yang bisa membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Untuk itu peneliti ingin mengkaji perbandingan soft skill siswa yang pembelajarannya menggunakan model tipe two stay two stray dan tipe numbered head together pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 2 Gadingrejo. Tujuan penelitian ini untuk mengoptimalkan soft skill siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dan NHT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian ini 204 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 68 siswa. Teknik penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik pengambilan data dengan angket dan lembar observasi. Pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test dua sampel independen dan analisis varian dua jalan. Hasil analisis data menunjukkan (1) Ada perbedaan soft skill siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran TSTS dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran NHT (2) Ada perbedaan soft skill antara siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal dan siswa yang memiliki kecerdasan intrapersonal (3) Ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan kecerdasan terhadap soft skill (4) Soft skill yang pembelajarannya menggunakan model TSTS lebih tinggi daripada yang pembelajarannya menggunkan model NHT bagi siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal pada mata pelajaran ekonomi (5) Soft skill yang pembelajarannya menggunakan model TSTS lebih redah daripada yang pembelajarannya menggunkan model NHT bagi siswa yang memiliki kecerdasan intrapersonal pada mata pelajaran ekonomi (6) Soft skill siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kecerdasan intrapersonal pada model pembelajaran kooperatif tipe TSTS pada mata pelajaran Ekonomi (7) Soft skill siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang memiliki kecerdasan intrapersonal pada model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada mata pelajaran Ekonomi. Kata kunci: interpersonal, intrapersonal, NHT, TSTS dan soft skill

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: 61254927 . Digilib
Date Deposited: 22 Jun 2016 04:21
Last Modified: 22 Jun 2016 04:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22689

Actions (login required)

View Item View Item