STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN TIPE JIGSAW II DENGAN MEMPERHATIKAN GAYA BELAJAR VISUAL DAN AUDITORIAL PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 PADANGCERMIN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

TONI SANJAYA, 1213031088 (2016) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN TIPE JIGSAW II DENGAN MEMPERHATIKAN GAYA BELAJAR VISUAL DAN AUDITORIAL PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 PADANGCERMIN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2216Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1604Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar ekonomi serta mengkaji tentang perbandingan hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model TGT dan Jigsaw II dengan memperhatikan gaya belajar untuk mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Padangcermin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil belajar dengan model pembelajaran TGT dan Jigsaw II dengan memperhatikan gaya belajar siswa yaitu visual dan auditorial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif dengan pendekatan eksperimen semu. Populasi penelitian ini 221 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 72 siswa. Teknik penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Teknik pengambilan data dengan tes. Pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test dua sampel independen dan analisis varian dua jalan. Hasil analisis data menunjukkan 1) Ada perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw II. 2) Ada perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki gaya belajar visual dan auditorial. 3) Ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi. 4) Rata-rata hasil belajar ekonomi pada siswa yang diajar menggunakan pembelajaran Team Games Tournament lebih tinggi dibandingkan yang diajar dengan pembelajaran Jigsaw II pada siswa yang memiliki gaya belajar visual. 5) Rata-rata hasil belajar ekonomi pada siswa yang diajar menggunakan pembelajaran Jigsaw II lebih tinggi dibandingkan yang diajar dengan pembelajaran Team Games Tournament pada siswa yang memiliki gaya belajar auditorial. 6) Rata-rata hasil belajar ekonomi pada siswa memiliki gaya belajar visual lebih tinggi dibandingkan yang memiliki gaya belajar auditorial pada siswa yang diajar menggunakan pembelajaran Team Games Tournament. 7) Rata-rata hasil belajar ekonomi pada siswa memiliki gaya belajar auditorial lebih tinggi dibandingkan yang memiliki gaya belajar visual pada siswa yang diajar menggunakan pembelajaran Jigsaw II. Kata kunci: gaya belajar, hasil belajar, jigsaw II, tgt.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HB Economic Theory
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 51126430 . Digilib
Date Deposited: 22 Jun 2016 02:48
Terakhir diubah: 22 Jun 2016 02:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22691

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir