UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN JUGGLING DENGAN MEDIA ALAT BANTU TERHADAP PERMAINAN FUTSAL PADA SISWA KELAS XI IPS 4 SMA N 3 KOTABUMI TAHUN PELAJARAN 2014/2015.

DEDI ALFATONI, 1013051030 (2015) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN JUGGLING DENGAN MEDIA ALAT BANTU TERHADAP PERMAINAN FUTSAL PADA SISWA KELAS XI IPS 4 SMA N 3 KOTABUMI TAHUN PELAJARAN 2014/2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1979Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1633Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dan memperbaiki keterampilan gerak dasar juggling pada siswa kelas XI IPS 4 di SMA N 3 Kotabumi Lampung Utara tahun pelajaran 2014/20105 dengan penggunaan modifikasi alat bola plastik anak-anak, bola karet anak-anak dan bola rotan yang diperbesar. Metodologi penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 4 yang berjumlah 24 siswa, dengan jumlah 14 laki-laki dan 10 perempuan. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan menggunakan instrumen penilaian tes keterampilan gerak dasar juggling bola. Hasil penelitian menunjukkan: pada siklus pertama diperoleh dengan rerata kelas 46,61 poin, sedangkan yang mendapat nilai di atas rerata kelas 20,83% dan yang mendapat di bawah rerata kelas 79,17%. Jika dilihat dari perolehan nilai ketuntasan belajar hanya 5 siswa dan yang mendapat di bawah nilai ketuntasan belajar 19 siswa. Setelah diberikan tindakan siklus kedua dengan alat bantu berupa bola karet yang telah dimodifikasi, maka dibandingakan hasil siklus kesatu lebih meningkat hasil tes siklus kedua dan dilihat dari perolehan rerata kelas 55,83 poin, dan yang mendapat nilai di atas rerata kelas sebesar 45,83% dan yang mendapat nilai di bawah rerata kelas 54,17% jika dilihat dari perolehan nilai ketuntasan belajar hanya 11 siswa dan yang mendapat di bawah nilai ketuntasan belajar 13 siswa. Pada siklus ke ketiga psikomotor dengan penggunaan alat yang dimodifikasi bola rotan yang diperbesar keberhasilan ketuntasan belajar 87,50%, dengan perhitungan tingkat efektivitas 93,37%. Hasil perhitungan telah meningkat lebih dari 50% itu artinya tindakan sudah meningkat. Kata Kunci: Gerak Dasar Juggling, bola modifikasi, bola plastik, bola karet, bola rotan yang diperbesar.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: 3211636 . Digilib
Date Deposited: 22 Jun 2016 03:54
Last Modified: 22 Jun 2016 03:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22699

Actions (login required)

View Item View Item