PENGEMBANGAN BUKU SISWA DENGAN PENDEKATAN MULTI REPRESENTASI PADA MATERI FLUIDA STATIS

Gusti Putu Ananta Wijaya, 1213022026 (2016) PENGEMBANGAN BUKU SISWA DENGAN PENDEKATAN MULTI REPRESENTASI PADA MATERI FLUIDA STATIS. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1688Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1640Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Dalam proses pembelajaran konsep fisika perlu ditampilkan banyak representasi atau multirepresentasi agar pembelajaran dapat mudah dimengerti dan dipahami oleh siswa, sedangkan untuk menyampaikan materi fisika secara multirepresentasi diperlukan suatu bahan ajar yang tepat, yaitu harus sesuai dengan sumber daya yang ada. Bedasarkan perolehan wawancara dengan guru Fisika di SMA Negeri 1 Seputih Banyak, diperoleh informasi bahwa kegiatan pembelajaran hanya berlangsung di dalam kelas dan siswa tidak memiliki buku pelajaran sebagai bahan ajar sehingga kegiatan pembelajaran hanya berpusat pada guru. Untuk menanggulangi masalah tersebut, dilakukan penelitian dengan tujuan yaitu menghasilkan buku siswa dengan pendekatan multirepresentasi pada materi Fluida Statis untuk siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Seputih Banyak. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan. Prosedur pengembangan buku siswa ini meliputi analisis kebutuhan, identifikasi sumber daya, identifikasi spesifikasi produk, pengembangan produk, uji internal, uji eksternal, dan tahap terakhir produksi. Uji internal dilakukan oleh ahli desain bahan ajar dan ahli isi atau materi. Sedangkan uji satu lawan satu dilakukan terhadap dua orang siswa dan uji lapangan dilakukan terhadap 30 siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Seputih Banyak. Berdasarkan perolehan uji internal diperoleh beberapa saran perbaikan dari penguji dan setelah dilakukan perbaikan sesuai saran-saran dari penguji, buku siswa yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar. Perolehan uji eksternal menunjukkan bahwa buku siswa memiliki kualitas kemenarikan dengan kategori sangat menarik dengan skor 3,30, kualitas kemudahan dengan kategori mudah dengan skor 3,14, kualitas kebermanfaatan dengan kategori sangat bermanfaat dengan skor 3,35, dan efektif digunakan sebagai bahan ajar yaitu mencapai 83,3 % siswa tuntas KKM dengan rata-rata nilai 77,2. KKM di SMA Negeri 1 seputih Banyak sebesar 72. Kata kunci: buku siswa, multirepresentasi, dan pengembangan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QC Physics
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Fisika
Pengguna Deposit: 2054448 . Digilib
Date Deposited: 22 Jun 2016 02:19
Terakhir diubah: 22 Jun 2016 02:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22702

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir