PENGARUH NILAI DAN PERUBAHAN PERINGKAT DARI OBLIGASI SYARIAH (SUKUK) PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Pada Daftar Efek Syariah (DES) Periode 2007:Q2-2014:Q4)

ANNISA RHAUDATHUL JANNAH , (1211011020) (2016) PENGARUH NILAI DAN PERUBAHAN PERINGKAT DARI OBLIGASI SYARIAH (SUKUK) PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Pada Daftar Efek Syariah (DES) Periode 2007:Q2-2014:Q4). FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2788Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2510Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Salah satu alternatif instrumen keuangan yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk memperoleh dana dari publik melalui pasar modal adalah obligasi syariah (sukuk). Penambahan hutang yang dilakukan perusahaan dengan menerbitkan obligasi syariah dapat direspon secara positif ataupun negatif oleh investor ataupun oleh pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui secara empirik pengaruh nilai sukuk yang diproksikan dengan Sukuk Equity Ratio (SER) dan perubahan peringkat sukuk terhadap return saham syariah perusahaan yang termasuk dalam Daftar Efek Syariah (DES) periode 2007:Q2-2014:Q4. Penelitian ini menggunakan struktur data yaitu unbalanced data panel dengan time series sebanyak 31 waktu (2007:Q2-2014:Q4) dan cross sectional sebanyak 8 sukuk dengan total observasi adalah 173 observasi. Hasil dari pengujian model data penelitian ini menggunakan model regresi data panel yaitu fixed effect model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sukuk dan perubahan peringkat sukuk memiliki pengaruh terhadap variabel dependen yaitu return saham perusahaan sebesar 18,09%. Penelitian ini juga memperoleh hasil bahwa SER memiliki pengaruh negatif signifkan terhadap return saham perusahaan dan perubahan peringkat sukuk memiliki pengaruh positif signifikan terhadap return saham. Selain memiliki pengaruh secara parsial, nilai sukuk dan perubahan peringkat secara bersama-sama juga memiliki pengaruh yang siginifikan terhadap return saham perusahaan. Kesimpulan yang diperoleh adalah penelitian ini mendukung adanya signalling theory (teori sinyal) dalam pasar modal syariah di Indonesia. Kata kunci: nilai sukuk, perubahan peringkat, sukuk, return saham, sukuk, Sukuk Equity Ratio (SER)

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HB Economic Theory
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1-Manajemen
Pengguna Deposit: 97796303 . Digilib
Date Deposited: 22 Jun 2016 07:07
Terakhir diubah: 22 Jun 2016 07:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22723

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir