PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN 1 PUJO BASUKI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

AGATHA TRI IVANA SINTA DEWI, 1213053005 (2016) PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN 1 PUJO BASUKI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1207Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3175Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 1 Pujo Basuki. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 1 Pujo Basuki melalui penerapan model quantum teaching. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes dan teknik tes. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model quantum teaching dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase siswa yang aktif pada siklus I berada pada kategori aktif, dan meningkat pada siklus II menjadi kategori sangat aktif. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi dan siklus II berada pada kategori tinggi. Persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I berada pada kategori tinggi dan meningkat pada siklus II menjadi kategori sangat tinggi. Kata kunci : quantum teaching, aktivitas, hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 90677724 . Digilib
Date Deposited: 22 Jun 2016 06:21
Terakhir diubah: 22 Jun 2016 06:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22731

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir