PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VB SD NEGERI 2 METRO SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

NI KOMANG RITDIA NINGSIH , 1213053078 (2016) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VB SD NEGERI 2 METRO SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (161Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2878Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2327Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas VB SD Negeri 2 Metro Selatan melalui penerapan model cooperative learning tipe picture and picture. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dua siklus dengan tahap-tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan observasi dan tes menggunakan lembar observasi dan soal tes tertulis, yang kemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model cooperative learning tipe picture and picture dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS. Pada siklus I nilai rata-rata aktivitas kategori “Baik”, sedangkan pada siklus II kategori “Baik”. Persentase aktivitas siswa pada siklus I kategori “Aktif”, pada siklus II kategori “Sangat aktif”. Nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I kategori “Tinggi”, sedangkan pada siklus II kategori “Tinggi”. Persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I kategori “Tinggi”, pada siklus II kategori “Sangat tinggi”. Kata kunci: model cooperative learning tipe picture and picture, aktivitas, hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 28635689 . Digilib
Date Deposited: 22 Jun 2016 06:29
Terakhir diubah: 22 Jun 2016 06:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22742

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir