Nindya Indah Pertiwi, 1213023047 (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN POE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LANCAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.
This is the latest version of this item.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf - Submitted Version Restricted to Hanya staf Download (2281Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1994Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran POE dalam meningkatan kemampuan berpikir lancar siswa pada materi larutan penyangga. POE terdiri dari 3 langkah yaitu predict, observe dan explain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 15 Bandar Lampung yang berjumlah 110 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan kuasi eksperimen dengan Nonequivalent (pretest-posttest) control group design, yakni satu kelompok subjek diberi perlakuan tertentu (eksperimen), sementara satu kelompok lain dijadikan sebagai kelompok kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran POE sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Efektivitas model pembelajaran POE diukur berdasarkan perbedaan n-Gain antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik analisis data hasil belajar dalam penelitian ini adalah menggunakan nilai n-gain dan pengujian hipotesis menggunakan independent sample t test. Rata-rata nilai n-Gain pada Nindya Indah Pertiwi iii kelas eksperimen sebesar 0,62 dan kelas kontrol sebesar 0,29. Kategori rata-rata nilai n-Gain pada kelas eksperimen dan kontrol adalah sedang dan rendah. Berdasarkan deskripsi tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran POE efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir lancar siswa pada materi larutan penyangga. Kata kunci: keterampilan berpikir lancar, larutan penyanga , POE
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > LB Theory and practice of education > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 21769243 . Digilib |
Date Deposited: | 19 May 2022 07:12 |
Terakhir diubah: | 19 May 2022 07:12 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22772 |
Available Versions of this Item
-
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN POE DALAM
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR
LANCAR SISWA PADA MATERI
LARUTAN PENYANGGA. (deposited 22 Jun 2016 07:57)
- EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN POE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LANCAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. (deposited 19 May 2022 07:12) [Currently Displayed]
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |