EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN POE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LANCAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Nindya Indah Pertiwi, 1213023047 (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN POE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LANCAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf - Submitted Version
Restricted to Hanya staf

Download (2281Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1994Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran POE dalam meningkatan kemampuan berpikir lancar siswa pada materi larutan penyangga. POE terdiri dari 3 langkah yaitu predict, observe dan explain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 15 Bandar Lampung yang berjumlah 110 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan kuasi eksperimen dengan Nonequivalent (pretest-posttest) control group design, yakni satu kelompok subjek diberi perlakuan tertentu (eksperimen), sementara satu kelompok lain dijadikan sebagai kelompok kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran POE sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Efektivitas model pembelajaran POE diukur berdasarkan perbedaan n-Gain antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik analisis data hasil belajar dalam penelitian ini adalah menggunakan nilai n-gain dan pengujian hipotesis menggunakan independent sample t test. Rata-rata nilai n-Gain pada Nindya Indah Pertiwi iii kelas eksperimen sebesar 0,62 dan kelas kontrol sebesar 0,29. Kategori rata-rata nilai n-Gain pada kelas eksperimen dan kontrol adalah sedang dan rendah. Berdasarkan deskripsi tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran POE efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir lancar siswa pada materi larutan penyangga. Kata kunci: keterampilan berpikir lancar, larutan penyanga , POE

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
> LB Theory and practice of education
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 21769243 . Digilib
Date Deposited: 19 May 2022 07:12
Terakhir diubah: 19 May 2022 07:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22772

Available Versions of this Item

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir