PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA PADA MATERI PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN KELAS XI IPS DI MAN I LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

HENI PRATIWI , 1213034036 (2016) PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA PADA MATERI PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN KELAS XI IPS DI MAN I LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
Text
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (25Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3630Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3899Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah Hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS pada materi pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan di MAN 1 Lampung Timur masih tergolong rendah, selain itu lingkungan sekitar sekolah belum dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui dan menganalisis (1) Perbedaan hasil belajar geografi siswa yang menggunakan pemanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dengan hasil belajar geografi siswa yang menggunakan teknik ceramah dan tanya jawab pada materi pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan kelas XI IPS di MAN 1 Lampug Timur, (2) Pengaruh pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar geografi siswa pada materi pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan kelas XI IPS di MAN 1 Lampug Timur. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS, dengan sampel kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen, dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan hasil belajar geografi siswa yang menggunakan pemanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dengan hasil belajar geografi siswa yang meggunakan teknik ceramah dan tanya jawab pada materi pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan di MAN 1 Lampug Timur. (2) Ada pengaruh pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar geografi siswa pada materi pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan di MAN 1 Lampung Timur. Kata kunci : Lingkungan, hasil belajar, ceramah dan tanya jawab ABSTRACT The problem of this research was that the results of students’ geographics learning grade XI IPS in preservation of life environment and continual development material at MAN Lampung Timur was low, beside that, the environment around the school was not used as the learning sources. This research was aimed to know and analyse (1) the difference between the students’geographics learning results which used environment usage as the learning sources and the students’ geographics learning results which used speech technique and question and answer in preservation of life environment and continual development material grade XI IPS at MAN 1 Lampung Timur, (2) the infuence of the environment usage as the learning sources in the students’geographics learning results in preservation of life environment and continual development material grade XI IPS at MAN 1 Lampung Timur. This research used quasi experiment method. The population of this research was all of the students of XI IPS 3 class, where the sample classes were XI IPS 2 as the experimental class and XI IPS 3 as the control class. Data technique used was t-test and simple linier regression analysis. The results showed that (1) there was a difference between the students’ geographics learning results using the environment usage as the learning sources and the students’ geographics learning results using speech technique results in preservation of life environment and continual development material grade XI IPS at MAN 1 Lampung Timur (2) there was an influence of environment usage as the learning sources of the students’ geographics learning results in preservation of life environment and continual development material grade XI IPS at MAN 1 Lampung Timur. Keywords: Environment, learning results, speech and question and answer

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Depositing User: 70026752 . Digilib
Date Deposited: 23 Jun 2016 06:19
Last Modified: 23 Jun 2016 06:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22793

Actions (login required)

View Item View Item