PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROIT

TRI HASTUTI WIBOWO, 1213023072 (2016) PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROIT. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1273Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1155Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Metode dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan One Group Pretest- Posttest Design, pengambilan sampel dipilih secara acak dengan teknik Cluster Random Sampling dan didapatkan 1 kelas sebagai sampel. Penelitian dilakukan di SMA N 1 Natar, Lampung Selatan pada kelas X-7. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektivan dan ukuran pengaruh (effect size) model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan efikasi diri siswa dan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung, efikasi diri dan penguasaan konsep siswa. Data pertama dan kedua dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi, data ketiga dikumpulkan dengan angket efikasi diri dan data keempat tes penguasaan konsep berbentuk tes pilihan ganda dengan jumlah 16 butir soal. Data dianalisis dengan menggunakan software Microsoft Office Exel 2013. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan penilaian observer terhadap kemampuan guru dan aktivitas siswa berkategori “tinggi”. Model pembelajaran ini juga berefek terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa, dibuktikan dengan hasil uji effect size yang berkriteria “besar” dan hasil uji effect size yang berkriteria “kecil” pada efikasi diri. Penguasaan konsep siswa juga meningkat berdasarkan peningkatan skor n-Gain yang berkategori “sedang”. Berdasarkan hal di atas disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki keefektivan yang tinggi serta memiliki efek terhadap peningkatan efikasi diri dan penguasaan konsep siswa. Kata kunci: model pembelajaran inkuiri terbimbing, efikasi diri, penguasaan konsep, ukuran pengaruh, larutan elektrolit dan non-elektrolit

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 90477057 . Digilib
Date Deposited: 23 Jun 2016 06:38
Terakhir diubah: 23 Jun 2016 06:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22810

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir