PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENANAMKAN KEPEDULIAN SOSIAL SISWA KELAS IV SD NEGERI I METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Suci Hardianti, 1213053110 (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENANAMKAN KEPEDULIAN SOSIAL SISWA KELAS IV SD NEGERI I METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (964Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (749Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya sikap kepedulian sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran PKn menggunakan metode sosiodrama untuk menanamkan kepedulian sosial siswa kelas IV SD Negeri I Metro Timur. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari dua kelas. Kelas IVB sebagai kelompok eksperimen, dan kelas IVA sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian berupa skala, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran PKn menggunakan metode sosiodrama memberikan dampak positif signifikan untuk menanamkan kepedulian sosial siswa kelas IV SD Negeri I Metro Timur 2015/2016. Hal tersebut ditunjukkan dengan uji-t pada post test kelompok eksperimen-kontrol, yang menunjukkan perbedaan signifikan antara post test kelompok eksperimenkontrol setelah diberikan pembelajaran (treatment). Kata kunci: pengaruh, kepedulian sosial, metode sosiodrama, PKn.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 25790228 . Digilib
Date Deposited: 23 Jun 2016 07:11
Last Modified: 23 Jun 2016 07:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22822

Actions (login required)

View Item View Item