ANALISIS AKTIVITAS DAN LIKUIDITAS SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PROFITABILITAS (Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI)

YOGIE YOSE CLINTON P , 1111011154 (2016) ANALISIS AKTIVITAS DAN LIKUIDITAS SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PROFITABILITAS (Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3114Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2950Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Aktivitas dan Likuiditas terhadap Profitabilitas. Pengaruh Aktivitas diukur oleh Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan, Likuiditas diukur oleh Current Ratio, sedangkan Profitabilitas diukur oleh Return On Asset. Populasi pada penelitian ini berjumlah 43 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2014. Pemilihan sampel menggunakan teknik metode purpossive sampling. Data diperoleh dari Indonesia Stock Exchange (IDX). Diperoleh jumlah sampel sebanyak 15 perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Tekhnik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Uji hipotesis F-statistik untuk menguji pengaruh secara simultan, serta menggunakan T-statistik untuk menguji koefisien regresi secara parsial dengan tingkat kepercayaan 5%. Pada uji asumsi klasik menunjukan bahwa tidak ditemukan adanya penyimpangan asumsi klasik. Hal ini menunjukan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk digunakan model regresi linier berganda. Dari hasil uji analisis menunjukan secara parsial variabel Perputaran Piutang berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset, variabel Perputaran Persediaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset, dan variabel Current Ratio berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset. Secara simultan, Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan, dan Current Ratio berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset. Nilai adjust R square sebesar 0,237 yang menunjukan bahwa 23,7% dapat dijelaskan olehvariabel independen dan sisanya sebesar 76,3% dijelaskan oleh variabel lain. Kata Kunci : Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan, Current Ratio, Return On Asset

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
H Ilmu Sosial = Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
A General Works = Karya Karya Umum > Karya Karya Umum = 000
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: 51753931 . Digilib
Date Deposited: 24 Jun 2016 02:43
Last Modified: 24 Jun 2016 02:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22863

Actions (login required)

View Item View Item