PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN MENGKOMUNIKASIKAN SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

DIAH EKAWATI NAPSIAH PUTRI, (1213023018) (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN MENGKOMUNIKASIKAN SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1272Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1272Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian pre-eksperimen dengan One Group Pretest-Postest Design telah dilakukan di SMA Negeri 1 Seputih Raman yang bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan, keefektivan dan ukuran pengaruh dari model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan keterampilan inferensi dan mengkomunikasikan pada materi larutan penyangga. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 5 yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Kepraktisan diukur berdasarkan keterlaksanaan RPP dan respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran. Keefektivan diukur berdasarkan aktivitas siswa, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, serta peningkatan keterampilan inferensi dan mengkomunikasikan. Meningkatnya keterampilan siswa dalam menginferensi dan mengkomunikasikan ditunjukkan berdasarkan rata-rata nilai n-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran problem solving memiliki kepraktisan yang sangat tinggi dalam meningkatkan keterampilan inferensi dan mengkomunikasikan pada materi larutan penyangga. Hal ini dibuktikan dengan Diah Ekawati Napsiah Putri keterlaksanaan model pembelajaran problem solving dan respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran memiliki kriteria “sangat tinggi”. Model pembelajaran problem solving juga memiliki keefektivan yang tinggi pada meningkatnya keterampilan siswa dalam menginferensi dan mengkomunikasikan. Hal ini dibuktikan dengan aktivitas siswa yang relevan selama pembelajaran berlangsung memiliki kriteria “sangat tinggi”, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran memiliki kriteria “sangat tinggi”, serta keterampilan inferensi dan mengkomunikasikan mengalami peningkatan dengan kriteria “tinggi.” Model pembelajaran problem solving memiliki ukuran pengaruh yang besar dalam meningkatkan keterampilan inferensi siswa dan memiliki ukuran pengaruh yang sangat besar dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan siswa. Kata kunci: keterampilan inferensi, keterampilan mengkomunikasikan, larutan penyangga, problem solving.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 18340156 . Digilib
Date Deposited: 24 Jun 2016 06:11
Last Modified: 24 Jun 2016 06:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22871

Actions (login required)

View Item View Item