PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN MENGKOMUNIKASIKAN SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

DIAH EKAWATI NAPSIAH PUTRI, (1213023018) (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN MENGKOMUNIKASIKAN SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1272Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1272Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian pre-eksperimen dengan One Group Pretest-Postest Design telah dilakukan di SMA Negeri 1 Seputih Raman yang bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan, keefektivan dan ukuran pengaruh dari model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan keterampilan inferensi dan mengkomunikasikan pada materi larutan penyangga. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 5 yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Kepraktisan diukur berdasarkan keterlaksanaan RPP dan respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran. Keefektivan diukur berdasarkan aktivitas siswa, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, serta peningkatan keterampilan inferensi dan mengkomunikasikan. Meningkatnya keterampilan siswa dalam menginferensi dan mengkomunikasikan ditunjukkan berdasarkan rata-rata nilai n-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran problem solving memiliki kepraktisan yang sangat tinggi dalam meningkatkan keterampilan inferensi dan mengkomunikasikan pada materi larutan penyangga. Hal ini dibuktikan dengan Diah Ekawati Napsiah Putri keterlaksanaan model pembelajaran problem solving dan respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran memiliki kriteria “sangat tinggi”. Model pembelajaran problem solving juga memiliki keefektivan yang tinggi pada meningkatnya keterampilan siswa dalam menginferensi dan mengkomunikasikan. Hal ini dibuktikan dengan aktivitas siswa yang relevan selama pembelajaran berlangsung memiliki kriteria “sangat tinggi”, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran memiliki kriteria “sangat tinggi”, serta keterampilan inferensi dan mengkomunikasikan mengalami peningkatan dengan kriteria “tinggi.” Model pembelajaran problem solving memiliki ukuran pengaruh yang besar dalam meningkatkan keterampilan inferensi siswa dan memiliki ukuran pengaruh yang sangat besar dalam meningkatkan keterampilan mengkomunikasikan siswa. Kata kunci: keterampilan inferensi, keterampilan mengkomunikasikan, larutan penyangga, problem solving.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 18340156 . Digilib
Date Deposited: 24 Jun 2016 06:11
Terakhir diubah: 24 Jun 2016 06:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22871

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir