PENGGUNAAN MEDIA BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 BUDI LESTARI KECAMATAN TANJUNG BINTANG LAMPUNG SELATAN TP. 2015/2016

SUROTO, (1013079301) (2016) PENGGUNAAN MEDIA BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 BUDI LESTARI KECAMATAN TANJUNG BINTANG LAMPUNG SELATAN TP. 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1351Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1352Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Sedangkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 3 Budi Lestari melalui penerapan penggunaan media bangun datar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 3 Budi Lestari Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), dalam bentuk siklus yang masing-masing siklus terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sedangkan subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Budi Lestari yang berjumlah 15 orang siswa terdiri dari 9 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan aktivitas belajar siswa, dan lembar tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Budi Lestari. Hal tersebut dibuktikan dari hasil pengolahan data penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas mencapai 80% siswa aktif dan hasil belajar mencapai 86,6% pada siklus III. Secara kualitatif peningkatan aktivitas dan hasil belajar dari tingkat baik menjadi baik sekali. Kata Kunci: media bangun datar, aktivitas dan hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 21050359 . Digilib
Date Deposited: 24 Jun 2016 04:37
Terakhir diubah: 24 Jun 2016 04:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22880

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir