PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERMAIN DRAMA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 WAY TUBA WAY KANAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

WENTI ANTARIKA, 1423041033 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERMAIN DRAMA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 WAY TUBA WAY KANAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Masters thesis, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
Text
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf

Download (195Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2966Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4Mb)

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan bermain drama siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Way Tuba Kabupaten Way Kanan. Tujuan penelitian ini untuk menganaliasis dan mendeskripsikan (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan menggunakan model role playing pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kompetensi bermain drama, (2) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan model role playing pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kompetensi bermain drama, (3) aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran role playing pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kompetensi bermain drama, (4) Keterampilan bermain drama siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Way Tuba Way Kanan dengan menggunakan model role playing. Metode yang digunakan adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas (Class Room Action Research). Tempat penelitian adalah di SMA Negeri 1 Way Tuba Way Kanan kelas XI IPS 1. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus I dilakukan dua kali pertemuan yaitu pada hari Selasa, 1 Maret 2016 dan Kamis, 3 Maret 2016 bermain drama dilakukan dengan kelompok, pendekatan yang dilakukan dengan membangun kerja sama antarteman, percaya diri, bertanya, dan penilaian autentik. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan unjuk kerja. Data dianalisis dengan cara kualitatif dan kuantitatif berdasarkan prinsip PTK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RPP pada kompetensi dasar keterampilan bermain drama telah disusun dengan menggunakan model role playing. Pelaksanaan pembelajaran keterampilan bermain drama dengan menggunakan model role playing telah mengubah suasana pembelajaran menjadi menyenangkan, dan terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran. Penilaian keterampilan dan sikap dalam pembelajaran telah disesuaikan untuk mengetaui keterampilan bermain drama siswa. Peningkatan keterampilan bermain drama melalui pengembangan model role playing yaitu prasiklus 47,25%, siklus I 61,86% dilanjutkan dengan siklus II 81,87%. Kata kunci: Model, role playing, bermain drama ABSTRACT The problem in this research is the lower of skill in drama playing student grade XI IPS 1 SMA N 1 Way Tuba kabupaten Way Kanan. The purpose of this research is to analyse and describe (1) the plan of learning process by use role playing model in bahasa indonesia studies competence in drama playing, (2) the learning process using role playing in studies of bahasa indonesia competence in drama playing, (3) the activity of student learning by using role playing role learning in studies of bahasa indonesia competence of drama playing, (4) the skill of drama playing students grade XI IPS 1 SMA N 1 Way Tuba Way Kanan by using role playing model. Methode that been use is class room action research is SMA N 1 Way Tuba Way Kanan grade XI IPS 1, this research done in two cycle. In the first cycle there are two meeting, that is on Tuesday March 1st 2016 and Thursday 3rd March 2016 drama playing is done in group, approachment is done to build a cooperation beetwen friends, confident, asking and authentic scoring. The data is collect by observation technic and work show. The data was analyse with qualitative and quantitative process base on PTK principe. The result of research shown that RPP in base competence in drama playing skill has been arrange by using role playing model. The learning process of drama playing skill by using role playing model has change the condition of study become atractive, and there is a raise in student learning activity in learning process. The scoring of skill and attitude in learning has been suit to know the skill of student drama playing. The raise of drama playing through role model playing development is precycle 47,25%, 1st cycle 61,86% continue with 2nd cycle is 81,87%. Key word: Model, role playing, drama playing.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PA Classical philology
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Depositing User: 49901037 . Digilib
Date Deposited: 25 Jun 2016 07:04
Last Modified: 28 Jun 2016 06:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22887

Actions (login required)

View Item View Item