IMPLEMENTASI PROGRAM AKSELERASI PENDIDIKAN (STUDI KASUS PADA SMA NEGERI 1 TERBANGGI BESAR LAMPUNG TENGAH)

WARHAM, WARHAM (2016) IMPLEMENTASI PROGRAM AKSELERASI PENDIDIKAN (STUDI KASUS PADA SMA NEGERI 1 TERBANGGI BESAR LAMPUNG TENGAH). Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img] FIle PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2079Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1644Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRACT THE IMPLEMENTATION OF ACCELERATED PROGRAM IN EDUCATION ( THE CASE STUDY AT STATE SENIOR HIGH SCHOOL 1 TERBANGGI BESAR CENTRAL OF LAMPUNG) By WARHAM This research intended to describe the implementation of accelerated program in education at State Senior High School 1 Terbanggi Besar Central of Lampung. There were eight things examined in this study, namely: planing, organizing, implementation, controling, evaluating, supporting factors, inhibiting factors, and the customers satisfied of accelerated program in education at State Senior High School 1 Terbanggi Besar Central of Lampung. Research with qualitative approach. Data were collected using interviews, observation nonparticipant and documentation. Data were analyzed using the patterns of interaction Miles and Huberman have been modified. The findings showed: the planing, organizing, and implementation is done by the team of curiculum develovment that principal, vice principal, coordinator of accelerated program, senior teschers, and school committee. The controlling and evaluation of accelerated program in education have not done with a head education of Central Lampung and Lampung Province. The support factors of accelerated program in education at State Senior High School I Terbanggi Besar Central of Lampung, namely: sum of teachers and a good qualification teachers, sum of superior intelligent students, a good infrastructur, and a good commitment. The inhibiting factors of accelerated program in education, namely make a schedule, suport government, teaching learning. The customers satisfied of accelerated program in education at State Senior High School I Terbanggi Besar Central of Lampung is a good. Keywords: implementation, accelerated program in education. ABSTRAK IMPLEMENTASI PROGRAM AKSELERASI PENDIDIKAN (STUDI KASUS PADA SMA NEGERI 1 TERBANGGI BESAR LAMPUNG TENGAH ) Oleh WARHAM Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program akselerasi di SMA Negeri 1 Terbanggi Besar Lampung Tengah, yang meliputi 8 sub fokus: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, evaluasi, faktor pendukung, faktor kendala dan kepuasan pelanggan program akselerasi pendidikan di SMA N 1 Terbanggi Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi nonpartisipan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pola interaksi Miles dan Huberman yang telah dimodifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan, pengorganisasian dan pelaksanaan program akselerasi dilakukan oleh tim pengembang kurikulum sekolah yang terdiri atas kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru senior dan komite sekolah. Pengawasan dan evaluasi program akselerasi tidak dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten maupun Provinsi. Faktor pendukung program akselerasi pendidikan di SMA N 1 Terbanggi Besar ialah tersedianya dana yang memadai, kualifikasi dan kompetensi tendik, jumlah siswa cerdas istimewa yang memadai, tersedianya sarana prasarana yang dibutuhkan. Faktor kendala program akselerasi pendidikan di SMA Negeri 1 Terbanggi Besar ialah pengelolaan KBM belum optimal, dan kurangnya pembinaan pemerintah melalui Dinas Pendidikan Kabupaten maupun Provinsi. Kepuasan pelanggan program akselerasi pendidikan di SMA Negeri 1 Terbanggi Besar meliputi tersedianya sarana prasarana yang memadai, siswa lulus UN 100 %, pelayanan KBM dengan baik, biaya pendidikan yang terjangkau. Kata Kunci: implementasi, program akselerasi pendidikan

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > JS Local government Municipal government
> L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Manajemen Pendidikan
Pengguna Deposit: 8641027 . Digilib
Date Deposited: 25 Jun 2016 04:02
Terakhir diubah: 25 Jun 2016 04:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22897

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir