PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 TEMPURAN

ZELINA AFFRIANI, 1213053130 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 TEMPURAN. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1831Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1500Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Terdapat 6 orang siswa (33,33%) dari 21 orang siswa yang mencapai KKM 65. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dengan media grafis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, dengan tahapan masing-masing siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes formatif. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dengan media grafis pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan dapat dilihat dari nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I menunjukkan kategori “Cukup baik” dan siklus II menunjukkan kategori “Baik”. Persentase jumlah siswa aktif pada siklus I menunjukkan kategori “Cukup aktif” dan siklus II menunjukkan kategori “Aktif”. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan kategori “Cukup baik” dan siklus II menunjukkan kategori “Baik”. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 61,90% dengan kategori “Sedang” dan siklus II sebesar 76,19% dengan kategori “Tinggi”, mengalami peningkatan sebesar 14,29%. Kata kunci : two stay two stray, media grafis, aktivitas, dan hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 90175427 . Digilib
Date Deposited: 27 Jun 2016 07:35
Terakhir diubah: 27 Jun 2016 07:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22913

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir