PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 KALIREJO LAMPUNG TENGAH

IMAM MA’ARUF , 1113033027 (2016) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 KALIREJO LAMPUNG TENGAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (363Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1696Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2295Kb)

Abstrak

ABSTRAK Tingkat pendidikan suatu bangsa dapat menggambarkan kemajuaan peradaban bangsa tersebut. Dalam proses pembelajaran diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan selain hasil belajar tetapi juga mampu meningkatkan minat belajar siswa. Salah satunya model pembelajaran Discovery Learning yaitu model pembelajaran yang difokuskan pada pemanfaatan informasi yang tersedia. Baik yang diberikan guru maupun yang dicari sendiri oleh siswa, untuk membagun pengetahuan dengan cara belajar mandiri. Model ini berbentuk pemberian tugas belajar atau penelitian kepada siswa dengan tujuan supaya siswa dapat mencari sendiri jawabannya tanpa bantuan pengajar dari prodes inilah kemudian timbulah minat belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besarkah pengaruh model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Minat Belajar Sejarah kelas XI IPS di SMA N I Kalirejo Lampung Tengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model Discovery Learning terhadap minat belajar sejarah siswa Pada kelas XI IPS di SMA Negeri I Kalirejo Lampung Tengah. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dengan dilakukan uji analisis korelasi dengan uji hipotesis menggunakan uji korelasi Theta. Berdasarkan hasil hitung data nilai siswa dengan menggunakan uji Theta dan kemudian diteruskan dengan menghitung besarnya presentase pengaruh dengan kofisien determinasi barulah dapat disimpulkan bahwa besarnya pengaruh model Pembelajaran Discovery Learning terhadap minat belajar sejarah siswa Pada kelas XI IPS di SMA Negeri I Kalirejo adalah tinggi atau kuat. Taraf analisis korelasi model ini sesuai dengan tabel yang dijadikan pedoman untuk memberikan interprestasi terhadap koefisin korelasi menurut pendapat Iqbal Hasan adalah 0,78 yang berarti besarnya pengaruh model Discovery Learning terhadap minat belajar sejarah siswa Pada kelas XI IPS di SMA Negeri I Kalirejo adalah tinggi atau kuat dan positif . presentase besarnya peengaruh ditunjukan dengan hasil dari koefisien determinasi yaitu 60,84 % . Berarti model Discovery Learning mempunyai pengaruh positif untuk meningkatkan minat belajar siswa. ABSTRACT Education level of a nation can reflect the advancement of civilization in that nation. Learning process requires a model that is able to improve not only results but also students’ interest to learn. One of the models is Discovery Learning which is focused on the utilization of available information. Either delivered by teachers or collected by students, in order to develop knowledge that helps them study independently. This model is in the form of giving students assignments to study or do research with purposes of encouraging them to find answers by themselves without teacher’s assistance from which later interest to learn is built. The formulation of problem in this study is on how big the impact of Discovery Learning to students’ interest on History Subject in grade XI Social Science SMA N 1 Kalirejo Lampung Tengah. This study uses quantitative data analysis with correlation analysis test and hypothetic test using Theta correlation test. Based on arithmetic results of students’ scores data using Theta test which later are continued by measuring between the percentages of impact and determinant coefficient, the impact size of Dicovery learning model toward students’ interest on History Subject in grade XI Social Science SMA N 1 Kalirejo Lampung Tengah can eventually be concluded as either high or strong. Level of correlation analysis in this model is relevant with the table used as reference in providing interpretation for correlation coefficient. According to Iqbal Hasan’s opinion, 0.78 means that the impact size of Discovery Learning model toward students’ interest to learn History Subject in grade XI Social Science SMA N 1 Kalirejo is both high/strong and positive. The percentage of how big the impact is showed by the result of determinant coefficient which is 60.84%, meaning that Discovery Learning model has positive impact in improving the pupils’ study interest.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: 38736450 . Digilib
Date Deposited: 28 Jun 2016 06:43
Last Modified: 28 Jun 2016 06:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22914

Actions (login required)

View Item View Item