KEEFEKTIFAN KALIMAT PADA TAJUK RENCANA SURAT KABAR HARIAN LAMPUNG POST EDISI MARET 2015 DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMK

REZA FEBRIANTIKA, 0743041035 (2016) KEEFEKTIFAN KALIMAT PADA TAJUK RENCANA SURAT KABAR HARIAN LAMPUNG POST EDISI MARET 2015 DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMK. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1140Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (993Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kalimat yang digunakan dalam surat kabar seharusnya menerapkan kaidah-kaidah kalimat yang baik dan benar, yaitu kalimat efektif. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah penggunaan kalimat efektif pada surat kabar harian Lampung Post edisi Maret 2015 dari 2 Maret s.d. 31 Maret 2015 dengan berbagai aspek/indikator kalimat efektif, yaitu (1) kesepadanan struktur, (2) keparalelan bentuk, (3) ketegasan makna, (4) kehematan kata, (5) kecermatan penalaran, (6) kepaduan gagasan, dan (7) kelogisan bahasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data dengan cara teknik dokumentasi. Teknik analisis data dengan langkah-langkah (1) mengumpulkan surat kabar harian Lampung Post edisi Maret 2015 dari 2 Maret s.d. 31 Maret 2015, (2) memisahkan dan membaca seluruh kalimat pada tajuk rencana, (3) mengidentifikasi keefektifan kalimat berdasarkan indikator kesepadanan, kepararelan, ketegasan, kehematan, kepaduan, dan kelogisan. Penulis menetapkan enam belas teks sebagai sumber data dari sumber data yang telah ditetapkan terdapat 410 kalimat. Hasil analisis menunjukkan kalimat efektif sebanyak 142 kalimat (34,64%), penggunaan kalimat tidak efektif sebanyak 268 kalimat (65,36%). Ketidakefektifan kalimat meliputi: ketidaklogisan 90 kalimat (33,58%), ketidaksepadanan 50 kalimat (18,65%), ketidakcermatan 39 kalimat (14,55%), ketidakpaduan 29 kalimat (10,82%), ketidakhematan 28 kalimat (10,45%), ketidaktegasan 18 kalimat (6,72%), dan ketidakparalelan 14 kalimat (5,23%). Implikasi seluruh teks tajuk rencana dalam penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan ajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK, khususnya dalam pembelajaran menulis. i

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> P Philology. Linguistics
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 70231132 . Digilib
Date Deposited: 29 Jun 2016 07:50
Terakhir diubah: 29 Jun 2016 07:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22930

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir