KOMPARASI ANTARA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROBLEM SOLVING (PS) UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

DEVI ARYANI, 1213031017 (2016) KOMPARASI ANTARA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROBLEM SOLVING (PS) UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1858Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMABAHASAN.pdf

Download (1152Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran di kelas XI SMA Negeri 06 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan antara model pembelajaran problem based learning dan problem solving untuk meningkatkan berpikir kritis dengan memperhatikan motivasi berprestasi siswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian yang digunakan treatment by level. Teknik sampling penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut. 1. Ada perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang pembelajaranya menggunakan model pembelajan problem based learning dan siswa yang pembelajaranya menggunakan model pembelajaran problem solving pada mata pelajaran ekonomi. Hal ini terlihat dari hasil pengujian, diperoleh koefisien Fhitung = 4,69 2. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pelajaran Ekonomi Yang Pembelajarannya Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving Lebih Tinggi Dibandingkan Dengan Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Bagi Siswa Yang Memiliki Motivasi Berprestasi Tinggi pada mata pelajaran ekonomi. Hal ini terlihat dari hasil pengujian , diperoleh koefisien thitung = 2,834 3. Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Yang Memiliki Motivasi Berpretasi Rendah Yang Pembelajarannya Menggunakan Model Problem Based Learning Lebih Tinggi Dibanding Yang Menggunakan Model Problem Solving pada mata pelajaran ekonomi. Hal ini terlihat dari hasil pengujian , diperoleh koefisien thitung = 4,923. 4. Ada Interaksi Antara Model Pembelajaran Dengan Motivasi Berprestasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Hal ini terlihat dari hasil pengujian, diperoleh koefisien Fhitung = 31,689. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Problem Solving, Motivasi Berprestasi.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Depositing User: 22888583 . Digilib
Date Deposited: 30 Jun 2016 01:58
Last Modified: 30 Jun 2016 01:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22931

Actions (login required)

View Item View Item