PENGEMBANGAN ASESMEN BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

IZU KHOIRINA FAISZATUL LAILI, 1213023035 (2016) PENGEMBANGAN ASESMEN BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
3. ABSTRAK.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1145Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (900Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian dan pengembangan pada asesmen ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan sekolah dalam melakukan serangkaian pengukuran menggunakan asesmen yang sesuai dengan kaidah pembuatan asesmen yang baik untuk mengukur keterampil¬an proses sains siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Developement) menurut Borg dan Gall. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan asesmen berbasis keterampilan proses sains dan mendeskripsikan tanggapan guru dan respon siswa mengenai asesmen yang di¬kembangkan. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi angket analisis ke-butuhan, instrumen validasi ahli, angket tanggapan guru dan siswa. Karakteristik asesmen yang dikembangkan yaitu asesmen untuk mengukur ranah psikomotor siwa berupa penilaian unjuk kerja dan mengukur ranah kognitif siswa berupa soal tes tertulis sebanyak 16 soal yang terdiri dari 10 soal pilihan jamak dan 6 soal uraian. Asesmen yang kembangkan tersebut dirancang khusus untuk mengukur ke¬terampilan proses sains siswa yang meliputi keterampilan mengamati, me-ngelompok¬kan, meramalkan, menerapkan konsep, dan menginferensi. Hasil pe-nelitian ini menunjuk¬kan bahwa asesmen berbasis keterampilan proses sains yang dikembangkan ini tergolong sangat baik, dengan per¬sentase hasil validasi oleh ahli pada aspek keterbacaan, konstruksi, dan kesesuaian isi materi sebesar 83,08%, 83,16%, dan 80% dan persentase tanggapan guru pada aspek keterbaca¬an, konstruksi, dan kesesuaian isi materi sebesar 86,15%, 87,37%, dan 83,33%, serta persentase respon siswa pada aspek keterbacaan sebesar 85,7%. Asesmen yang dikembangkan memiliki nilai validitas butir soal “valid”, selain itu, pada asesmen yang dikembangkan ini memiliki nilai koefesien reliabilitas sebesar 0,84 atau berkategori “sangat tinggi” pada soal pilihan jamak, dan memiliki nilai koefesien reliabilitas sebesar 0,71 atau berkategori “tinggi” pada soal uraian. Ber¬dasarkan hal tersebut, asesmen berbasis keterampilan proses sains pada materi larutan penyangga yang dikembangkan adalah valid dan layak di¬gunakan. Kata Kunci : asesmen, larutan penyangga, proses sains

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 39011424 . Digilib
Date Deposited: 30 Jun 2016 04:31
Terakhir diubah: 30 Jun 2016 04:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22939

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir