MELIA DEVITA, (1213023042) (2016) PENGEMBANGAN LKS PADA MATERI PENURUNAN TITIK BEKU DAN TEKANAN OSMOTIK LARUTAN BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.
|
File PDF
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2287Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2288Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan dan kepraktisan LKS berbasis model discovery learning pada materi penurunan titik beku dan tekanan osmotik larutan. Penelitian ini dilakukan dengan mengunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Tahapan penelitian pengembangan ini dimulai dari menganalisis potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk secara terbatas, merevisi produk sesuai saran yang didapatkan pada uji coba terbatas kemudian melakukan uji keterlaksanaan produk di SMA Kosgoro Bandar Sribhawono pada kelas XI IPA 1 yang berjumlah 20 siswa. LKS yang dikembangkan memiliki tahapan yang disesuaikan dengan model discovery learning yaitu stimulasi, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, verifikasi, dan generalisasi. Kevalidan LKS hasil pengembangan diukur berdasarkan hasil validasi ahli. Kepraktisan diukur berdasarkan respon guru dan siswa terhadap produk yang dikembangkan, respon siswa terhadap pembelajaran dengan LKS hasil pengembangan, dan penilaian observer terhadap keterlaksanaan LKS dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis model discovery learning memiliki validitas yang sangat tinggi. iii Hal ini dibuktikan dengan hasil penilaian validator terhadap aspek keterbacaan dengan kategori “tinggi”, dan hasil penilaian validator terhadap aspek konstruksi dan kesesuaian isi dengan kategori “sangat tinggi”. LKS berbasis model discovery learning hasil pengembangan juga memiliki kepraktisan yang sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan hasil respon guru pada aspek kesesuaian isi, keterbacaan, dan kemenarikan dengan kategori “sangat tinggi”, hasil respon siswa terhadap aspek keterbacaan dan kemenarikan dengan kategori “sangat tinggi”, respon positif siswa terhadap pembelajaran menggunakan LKS hasil pengembangan; dan hasil penilaian observer terhadap keterlaksanaan pembelajaran menggunakan LKS hasil pengembangan dengan kategori “sangat tinggi”. Berdasarkan hal tersebut maka LKS hasil pengembangan dinyatakan valid dan praktis. Kata kunci : discovery learning, LKS, pendekatan saintifik, penurunan titik beku, tekanan osmotik larutan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 52804482 . Digilib |
Date Deposited: | 30 Jun 2016 06:37 |
Terakhir diubah: | 30 Jun 2016 06:37 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22947 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |