AGUNG PRIYATNA, 1213033002 (2016) HUBUNGAN KETERAMPILAN BERARGUMENTASI DALAM MODEL PEMBELAJARAN DEBAT DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS MAN 1 METRO TAHUN AJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG , FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (36Mb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (23Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Setiap proses pembelajaran memiliki tujuan yang ingin dicapai, salah satunya yaitu meningkatnya kemampuan berpikir siswa. Tujuan pembelajaran tersebut akan tercapai jika proses pembelajaran berjalan secara optimal. Alternatif cara mengoptimalkan proses pembelajaran yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan proses pembelajaran tersebut adalah Model Pembelajaran Debat dengan keterampilan berargumentasi sebagai aspek utama didalamnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada hubungan antara keterampilan berargumentasi dalam model pembelajaran debat dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada aspek analisis pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS MAN 1 Metro Tahun Ajaran 2015/2016?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “Ada atau tidaknya hubungan antara keterampilan berargumentasi dalam model pembelajaran debat dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada aspek analisis pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS MAN 1 Metro Tahun Ajaran 2015/2016”. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental Designs dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Uji analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan uji korelasi product moment diperoleh nilai koefisien korelasi ( rhitung ) sebesar 0,787 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa “Ada (terdapat) hubungan antara keterampilan berargumentasi dalam model pembelajaran debat dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada aspek analisis pada mata pelajaran Sejarah kelas X IPS MAN 1 Metro Tahun Ajaran 2015/2016”. Tingkat hubungan yang diperoleh dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,787 termasuk dalam kategori “kuat”. Kata kunci : Berargumentasi, Berpikir Kritis, Debat, Hubungan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | 9602626 . Digilib |
Date Deposited: | 15 Jul 2016 06:48 |
Terakhir diubah: | 15 Jul 2016 06:48 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22990 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |