HUBUNGAN KETERAMPILAN BERARGUMENTASI DALAM MODEL PEMBELAJARAN DEBAT DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS MAN 1 METRO TAHUN AJARAN 2015/2016

AGUNG PRIYATNA, 1213033002 (2016) HUBUNGAN KETERAMPILAN BERARGUMENTASI DALAM MODEL PEMBELAJARAN DEBAT DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS MAN 1 METRO TAHUN AJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG , FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (36Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (23Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Setiap proses pembelajaran memiliki tujuan yang ingin dicapai, salah satunya yaitu meningkatnya kemampuan berpikir siswa. Tujuan pembelajaran tersebut akan tercapai jika proses pembelajaran berjalan secara optimal. Alternatif cara mengoptimalkan proses pembelajaran yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan proses pembelajaran tersebut adalah Model Pembelajaran Debat dengan keterampilan berargumentasi sebagai aspek utama didalamnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada hubungan antara keterampilan berargumentasi dalam model pembelajaran debat dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada aspek analisis pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS MAN 1 Metro Tahun Ajaran 2015/2016?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “Ada atau tidaknya hubungan antara keterampilan berargumentasi dalam model pembelajaran debat dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada aspek analisis pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS MAN 1 Metro Tahun Ajaran 2015/2016”. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental Designs dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Uji analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan uji korelasi product moment diperoleh nilai koefisien korelasi ( rhitung ) sebesar 0,787 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa “Ada (terdapat) hubungan antara keterampilan berargumentasi dalam model pembelajaran debat dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada aspek analisis pada mata pelajaran Sejarah kelas X IPS MAN 1 Metro Tahun Ajaran 2015/2016”. Tingkat hubungan yang diperoleh dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,787 termasuk dalam kategori “kuat”. Kata kunci : Berargumentasi, Berpikir Kritis, Debat, Hubungan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 9602626 . Digilib
Date Deposited: 15 Jul 2016 06:48
Terakhir diubah: 15 Jul 2016 06:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22990

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir