PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU

SARAH, SARAH MARCELLY H. HARAHAP (2016) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2160Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2160Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU OLEH SARAH MARCELLY H. HARAHAP Tesis ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Tipe penelitian menggunakan deskriptif yang dimaksudkan untuk memberikan gambaran secara jelas. Sumber data yang digunakan adalah Kepala Sekolah sebagai informan kunci dan guru sebagai informan pendukung. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peran kepala sekolah sebagai pendidik, manajer, supervisor, pemimpin dan pencipta iklim kerja sudah dilaksanakan namun masih perlu ditingkatkan (2) kompetensi pedagogik guru dalam mengenal karakteristik anak, menguasai teori pembelajaran, mengembangkan kurikulum, mengembangkan potensi peserta didik, berkomunikasi dengan peserta didik, serta menilai dan mengevaluasi pembelajaran sudah dlaksanakan namun belum maksimal sehingga perlu terus meningkatkan kompetensi khususnya dalam mengembangkan kurikulum. Kata kunci: Kepemimpinan, kompetensi pedagogik guru, peran kepala sekolah ABSTRACT LEADERSHIP ROLE OF PRINCIPAL IN ENHANCING PEDAGOGICAL COMPETENCE OF TEACHERS BY SARAH MARCELLY H. HARAHAP The aim of this thesis is to describe the leadership role of prinsipal in enhancing pedagogical competence of teachers. This research used a qualitative approach. This type of research is used descriptive to provide a clear fact. The sources of data are the Principal as a key informant and teachers as supporter informants. The techniques of collecting data are observation, interview and documentation. The results showed that (1) the principal's role as educator, manager, supervisor, leader and creator of the work climate is already implemented but still needs to be improved (2) pedagogical competence of teachers in identifying the characteristics of the child, master the theory of learning, develop curriculum, developing the potential of learners, communicate with students, as well as assess and evaluate learning already done but not absolutely so that it need to continue improving the competence, especially in developing the curriculum. Keywords: Leadership, pedagogical competence of teachers, the role of principal

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Manajemen Pendidikan
Pengguna Deposit: 5873031 . Digilib
Date Deposited: 03 Jan 2017 04:31
Terakhir diubah: 03 Jan 2017 04:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22992

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir