STUDI KEMAMPUAN DAYA TAHAN (CARDIOVASCULAR RESPIRATORY ENDURANCE) PADA ATLET KLUB BOLA VOLI PUTRI SE- KOTA BANDAR LAMPUNG

GIA ANGGUN WIJAYA, 1213051029 (2016) STUDI KEMAMPUAN DAYA TAHAN (CARDIOVASCULAR RESPIRATORY ENDURANCE) PADA ATLET KLUB BOLA VOLI PUTRI SE- KOTA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1690Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1394Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya tahan umum atlet putri klub bola voli di Kota Bandar Lampung. Sebagai bahan untuk penyusunan program latihan untuk meningkatkan daya tahan. Penelitian menggunakan metode gabungan (mixed methods) yang dilakukan secara bersamaan dengan tujuan untuk saling melengkapi gambaran hasil studi mengenai fenomena yang diteliti dan untuk memperkuat analisis penelitian. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah atlet voli putri Kota Bandar Lampung, dengan jumlah sampel sebanyak 60 atlet yang diambil dari populasi atlet putri bola voli Kota Bandar Lampung. Teknik pengambilan data untuk kuantitatif menggunakan tes Balke atau lari 15 menit dan untuk data kualitatif menggunakan metode angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 43,3% atlet dalam klasifikasi sedang, 33,3% dalam klasifikasi baik, 15% dalam klasifikasi kurang, dan 8,4 % dalam klasifikasi sangat baik. Jika dilihat lebih luas klub-klub bola voli yang berada di Kota Bandar Lampung 1) memiliki catatan prestasi yang baik dalam kejuaraan daerah dan provinsi, 2) daya tahan tubuh atlet rata-rata dalam klasifikasi sedang dan baik hal ini sesuai dengan frekuensi latihan atlet, 3) sesuai dengan keseharian atlet mayoritas atlet mengkonsumsi makanan yang mencukupi dalam standar gizi. Kesimpulan penelitian ini atlet yang memiliki daya tahan tubuh yang baik berpengaruh terhadap catatan prestasi pada masing-masing klub dan atlet yang memiliki daya tahan tubuh yang baik maupun baik sekali berhubungan erat dengan frekuensi latihan atlet, pola makan dan istirahat atlet, begitu pun sebaliknya atlet yang memiliki daya tahan tubuh yang kurang tidak teratur dalam frekuensi latihan, pola istirahat maupun pola makan. Kata Kunci: atlet, cardiovascular, daya tahan, endurance, voli.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: 6402174 . Digilib
Date Deposited: 20 Jul 2016 04:18
Last Modified: 20 Jul 2016 04:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23015

Actions (login required)

View Item View Item