PROFIL KOMPETENSI LITERASI SAINS SISWA SMP KELAS IX SE-KECAMATAN SUKABUMI KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

NI MADE SUGIHARNINGSIH , 1213024045 (2016) PROFIL KOMPETENSI LITERASI SAINS SISWA SMP KELAS IX SE-KECAMATAN SUKABUMI KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3899Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3900Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi literasi sains siswa SMP kelas IX se-kecamatan Sukabumi kota Bandar Lampung dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX SMP se-kecamatan Sukabumi kota Bandar Lam-pung yang diambil dengan teknik purposive sampling dengan sampel berjumlah 184 siswa. Data berupa data kuantitatif yaitu kompetensi literasi sains yang diper-oleh dari tes soal PISA 2006 dan data kualitatif berupa faktor-faktor yang diduga berpengaruh terhadap literasi sains siswa. Teknik analisa data menggunakan rumus persentase dan uji t. Hasil penelitian dan analisa data menunjukkan bahwa kompetensi literasi sains siswa SMP kelas IX se-kecamatan Sukabumi termasuk dalam kriteria “sangat rendah” dengan skor rata-rata 27,27 ± 2,28. Kompetensi literasi sains siswa sekolah negeri lebih tinggi dibandingkan siswa sekolah swasta dan literasi sains siswa perempuan lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki namun keduanya ber-beda tidak signifikan. Analisis kuisioner menunjukkan faktor eksternal yang ber-pengaruh terhadap literasi sains adalah metode pembelajaran yang digunakan guru IPA, latar belakang pendidikan orang tua siswa dan profesionalisme guru IPA sedangkan faktor internal yang berpengaruh adalah jurusan pendidikan yang diminati oleh siswa. Kata kunci: gender, literasi sains, status sekolah

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 7373421 . Digilib
Date Deposited: 20 Jul 2016 07:37
Terakhir diubah: 20 Jul 2016 07:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23027

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir