PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PKn KELAS VB SD NEGERI 4 METRO UTARA

PRASETYO ADHI NUGROHO, 1213053086 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PKn KELAS VB SD NEGERI 4 METRO UTARA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1747Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1265Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas dan hasil belajar pada pelajaran PKn rendah dengan rata-rata 57,42, terdapat 6 siswa dari 28 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan belajar berdasarkan KKM yang telah ditentukan yaitu ≥65. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model PBL dengan media grafis. Metode penelitian ini adalah tindakan kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan soal tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil menunjukkan bahwa penerapan model PBL pada pembelajaran PKn dengan media grafis di kelas VB SD Negeri 4 Metro Utara dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari kategori aktivitas siswa siklus I yaitu mendapat kategori “Tinggi” dan siklus II mendapat kategori “Sangat tinggi”. Hasil belajar siswa pada siklus I yang mendapat kriteria “Sedang” dan siklus II mendapat kriteria “Sangat tinggi”, terjadi peningkatan ketuntasan klasikal hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Kata kunci: model PBL, media grafis, aktivitas, hasil belajar,.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 3416232 . Digilib
Date Deposited: 21 Jul 2016 08:46
Terakhir diubah: 21 Jul 2016 08:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23045

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir