YENTI ANABRIYEN, 1123031036 (2016) PENGEMBANGAN MODUL SOSIOLOGI BERBASIS KARAKTER DALAM RANGKA UNTUKMENINGKATKAN NILAI KARAKTER BANGSA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS X DI SMA NEGERI 2 PRINGSEWU. Masters thesis, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKA.
|
File PDF
ABSTRAK BAHASA INGGRIS & INDONESIA.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1159Kb) |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1160Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini di latar belakangi oleh terbatasnya buku paket di sekolah, kurang menariknya warna, tampilan gambar buku paket yang ada, buku paket sekolah sulit untuk dipahami isinya, perlunya modul pembelajaran yang berbasis karakter dan mahalnya buku cetak. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan produk modul Sosiologi berbasis karakter dan untuk menganalisis efektivitas penggunaan modul Sosiologi berbasis karakter. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) Borg dan Gall, dimodifikasi dengan pengembangan desain modul Dick and Carey. Produk modul ini divalidasi oleh ahli materi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli bahasa, guru Sosiologi dan siswa. Efektivitas produk diperoleh dengan menggunakan uji eksperimen pre test dan post test (control group design). Data pre test dan post test hasil ulangan sosiologi dianalisis dengan menggunakan t test dan perbandingan gain ternormalisasi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Pembelajaran yang menggunakan modul berbasis karakter pada mata pelajaran sosiologi sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sosiologi dapat meningkatkan nilai-nilai karakter siswa. 2) Proses mengembangkan modul berbasis karakter bagi siswa kelas X ini menggunakan alur penelitian pengembangan Borg dan Gall serta desain pengembangan Dick dan Carey. 3) Pembelajaran Sosiologi menggunakan modul Sosiologi berbasis karakter bagi siswa SMA kelas X lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan modul non pengembangan di sekolah. Berdasarkan penilaian dari ahli bahasa, ahli desain modul dan ahli materi Modul Sosiologi berbasis karakter ini memperoleh tanggapan yang baik untuk dikembangkan. Modul tersebut efektif dengan dibuktikan uji efektivitas melalui perbandingan nilai gain ternormalisasi menunjukkan efektivitas tinggi dengan perolehan nilai gain sebesar 0,700. Kata Kunci: modul sosiologi, berbasis karakter, hasil belajar ABSTRAK BAHASA INGGRIS The background of this study is lack of textbooks in schools, less interesting color, image display existing textbooks, school textbooks is difficult to understand its content, the need for character-based learning modules and the high cost of textbooks. The research aims to produce a character-based modules Sociology and to analyze the effectiveness of the use of character-based modules Sociology. This study is a research & development (R & D) Borg and Gall, modified with Dick module design development and Carey. This module products validated by expert instructional materials, instructional design experts, linguists, teachers and students of Sociology. The effectiveness of the products obtained by using the experimental test pre test and post test (control group design). Data pre-test and post-test results were analyzed sociology replicates using the t test and comparison of normalized gain. Based on the analysis and discussion of data obtained the following conclusions: 1) Learning that use character-based modules on the subjects of sociology as a learning resource in sociology learning can enhance students' character values. 2) The process of developing character-based module for class X uses groove Borg and Gall development research and development design Dick and Carey. 3) Learning Sociology Sociology module using a character-based for high school students of class X was more effective than using textbooks in school. Based on the assessment of linguists, module design experts and subject matter experts based this character Sociology Module obtain a good response to be developed. The module effectively with proven effectiveness test by comparing normalized gain value indicates a higher efficacy with the acquisition value of a gain of 0,700. Key words: sociology module, based on character, and result of the study
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS |
Pengguna Deposit: | 9839988 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 06:47 |
Terakhir diubah: | 22 Jul 2016 06:47 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23069 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |