AHRIYANI, (1213041003) (2016) TOPIKALISASI DALAM PIDATO KENEGARAAN PRESIDEN JOKOWI PERIODE AGUSTUS 2015 DAN RANCANGANNYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.
|
File PDF
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1128Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1128Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini membahas topikalisasi dalam pidato kenegaraan Presiden Jokowi periode Agustus 2015 dan rancangannya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan topikalisasi pidato kenegaraan Presiden Jokowi yang meliputi (1) topikalisasi dengan posisi awal, (2) topikalisasi dengan repetisi, (3) topikalisasi dengan partikel, dan (4) topikalisasi dengan pertentangan, dan rancangannya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah pidato kenegaraan Presiden Jokowi periode Agustus 2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik simak bebas libat cakap kemudian teknik catat. Teknik simak bebas merupakan teknik yang di dalamnya peneliti hanya bertindak sebagai peniliti, dan tidak terlibat dalam percakapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pidato kenegaraan Presiden Jokowi menggunakan topikalisasi berdasarkan empat segi, yaitu (1) topikalisasi dengan posisi awal, (2) topikalisasi dengan repetisi, (3) topikalisasi dengan partikel, dan (4) topikalisasi dengan pertentangan. Penelitian mengenai topikalisasi dalam pidato kenegaraan Presiden Jokowi periode Agustus 2015 dapat dirancang sebagai bahan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA pada kurikulum 2013 yaitu, kelas X semester ganjil dengan KD 3.1 memahami struktur dan kaidah teks eksposisi secara lisan maupun tulisan. Kata kunci: pidato, rancangan pembelajaran, topikalisasi.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > P Philology. Linguistics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 0307039 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Jul 2016 07:04 |
Terakhir diubah: | 22 Jul 2016 07:04 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23074 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |