TOPIKALISASI DALAM PIDATO KENEGARAAN PRESIDEN JOKOWI PERIODE AGUSTUS 2015 DAN RANCANGANNYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

AHRIYANI, (1213041003) (2016) TOPIKALISASI DALAM PIDATO KENEGARAAN PRESIDEN JOKOWI PERIODE AGUSTUS 2015 DAN RANCANGANNYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1128Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1128Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini membahas topikalisasi dalam pidato kenegaraan Presiden Jokowi periode Agustus 2015 dan rancangannya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan topikalisasi pidato kenegaraan Presiden Jokowi yang meliputi (1) topikalisasi dengan posisi awal, (2) topikalisasi dengan repetisi, (3) topikalisasi dengan partikel, dan (4) topikalisasi dengan pertentangan, dan rancangannya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah pidato kenegaraan Presiden Jokowi periode Agustus 2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik simak bebas libat cakap kemudian teknik catat. Teknik simak bebas merupakan teknik yang di dalamnya peneliti hanya bertindak sebagai peniliti, dan tidak terlibat dalam percakapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pidato kenegaraan Presiden Jokowi menggunakan topikalisasi berdasarkan empat segi, yaitu (1) topikalisasi dengan posisi awal, (2) topikalisasi dengan repetisi, (3) topikalisasi dengan partikel, dan (4) topikalisasi dengan pertentangan. Penelitian mengenai topikalisasi dalam pidato kenegaraan Presiden Jokowi periode Agustus 2015 dapat dirancang sebagai bahan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA pada kurikulum 2013 yaitu, kelas X semester ganjil dengan KD 3.1 memahami struktur dan kaidah teks eksposisi secara lisan maupun tulisan. Kata kunci: pidato, rancangan pembelajaran, topikalisasi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> P Philology. Linguistics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 0307039 . Digilib
Date Deposited: 22 Jul 2016 07:04
Terakhir diubah: 22 Jul 2016 07:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23074

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir