PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG TIPE II DENGAN PBL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN EFIKASI DIRI PADA LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT

OKTARI PRADINA ANGGI, (1213023052) (2016) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG TIPE II DENGAN PBL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN EFIKASI DIRI PADA LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1349Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1311Kb)

Abstrak

Penelitian kuasi eksperimen telah dilakukan di SMAN 10 Bandar Lampung yang bertujuan untuk membandingkan model pembelajaran SiMaYang tipe II dengan PBL dalam meningkatkan kemampuan metakognisi dan efikasi diri siswa. Penelitian ini menggunakan desain control group pretest-posttest dengan kelas X2 dan kelas X8 sebagai kelas sampel yang diperoleh menggunakan teknik cluster random sampling. Analisis data penelitian adalah analisis deskriptif dan hasil penelitian menunjukkan bahwak kemampuan metakognisi dan efikasi diri meningkat berdasarkan peningkatan skor n-Gain yang berkategori “sedang” dan “sedang” pada kelas SiMaYang tipe II namun pada kelas PBL peningkatan skor n- Gain yang berkategori “rendah” dan “sedang”, peningkatan n-Gain pada kelas SiMaYang tipe II lebih tinggi dibandingkan kelas PBL. Peningkatan kemampuan metakognisi dan efikasi diri juga didukung dengan penilaian aktivitas siswa yang berkategori “sangat tinggi” dan respon siswa yang berkategori “sangat tinggi” Oktari Pradina Anggi pada kelas SiMaYang tipe II. Sedangkan pada kelas PBL aktivitas siswa berkategori “sedang” dan respon siswa berkategori “tinggi”. Hal ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SiMaYang tipe II lebih baik dibandingkan model pembelajaran PBL dalam meningkatkan kemampuan metakognisi dan efikasi diri pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Kata kunci: efikasi diri, kemampuan metakognisi, larutan elektrolit dan nonelektrolit, PBL, SiMaYang tipe II

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 5201592 . Digilib
Date Deposited: 25 Jul 2016 02:56
Last Modified: 25 Jul 2016 02:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23077

Actions (login required)

View Item View Item